Inilah 5 Pakaian Adat Sulawesi Selatan

0 Comments

Ada banyak hal menarik di Sulawesi Selatan yang menjadikan banyak wisatawan berkunjung ke provinsi ini. Diantaranya adalah keindahan alam, rumah adat, upacara tradisional,pakaian adat dan lain-lain. Khusus untuk pakaian adatnya sangat beragam,serta mempunyai sejarah dan keunikannya sendiri.

Pakaian adat Sulawesi Selatan dibedakan berdasarkan jenis acaranya, Yuk kita simak ulasan berikut.

Baju Pokko

Baju ini merupakan pakaian adat yang dikenakan khusus untuk wanita dari suku Toraja.  Biasanya mempunyai warna merah, kuning serta putih dan berlengan pendek. Baju Pokko ini sering digunakan pada saat acara resmi di daerah Sulawesi Selatan. Untuk PNS yang berada di Toraja sendiri pada hari sabtu khusus mengenakan pakaian ini, sedangkan untuk laki-lakinya mengenakan Pakaian Seppa Talung.

Pakaian Seppa Talung

Baju adat ini juga berasal dari suku Toraja yang dikhususkan untuk laki-laki. Baju ini mempunyai ciri khas yang panjang sampai menyentuh lutut.

Baju Bodo

Baju Bodo ini berasal dari suku Bugis yang ada di Sulawesi Selatan. Baju ini dikhususkan untuk wanita yang mempunyai ciri khas bawahannya berbentuk segi empat dengan atasan lengan pendek. Setiap warna baju bodo memiliki arti tersendiri. Misal untuk anak kisaran 10 tahun mempunyai warna jingga, sedangkan warna merah dipakai unyuk anak lerempuan berumur 17 tahun.

Baju Tutu

Baju Tutu merupakan pakaian adat khusus untuk laki-lagi dari suku Bugis. Untuk atasannya menggunakan jas, yang biasa disebut dengan jas Tutu. Sedangkan untuk bawahannya menggunakan celana hitam dipadukan dengan kain sarung dan untuk atasannya menggunakan songkok.

Pattuqduq Towaine

Baju ini sering dipakai pada saat acara pernikahan ataupun nyanyian pattiqduq. Pada saat menari, busana pattuqduq ini umumnya terdiri dari 18 potong. Dan untuk melakukan pernikahan dengan baju ini, harus mengenakan 24 potong.

Pakaian adat Baju pengantin

Untuk baju pengantin yang dikenakan wanita biasanya mengenakan baju Bodo. Sedangkan untuk prianya menyesuaikan dengan baju yang dipakai oleh wanita. Tetapi rata-rata para lelaki mengenakan pakaian Adat Tutu.