Memilih Meterial Berkualitas untuk Kitchen Set

0 Comments

Berbicara mengenai kitchen set, bukan hanya soal sebera lengkap dan canggih komponen yang dimilikinya. Bukan hanya soal berapa harga kithen set. Tetapi ketahanan material kitchen set sudah sepatutnya diperhatikan betul.

Terlebih lagi sebagai ruang yang memiliki peranan penting bagi kesehatan keluarga, sudah semstinya dapur harus didesain secara ideal. Dan desain dapur yang ideal semestinya juga dilengkapi dengan kitchen set yang mampu menunjang aktivitas memasak penggunanya.

Oleh sebab itu, kualitas material sudah pasti sangat menentukan seberapa kuat daya tahan kitchen set dan seberapa prima ia mampu mengakomodasi kebutuhan memasak para penggunanya.

Terhindar dari Kerugian yang Lebih Besar

Ketahanan material yang buruk dari kitchen set tidak hanya berakibat pembengkakan anggaran pada tahap awal mendesain dapur. Lebih dari itu, potensi Anda rugi lebih besar karena harus memperbaiki komponen-komponen kitchen set yang rusak.

Bahkan terkadang biyaya untuk merenovasi justru lebih besar dibanding pada saat membuat baru. Itulah kenapa menjadi cukup penting untuk diperhatikan pada saat memilih material kitchen set.

Nah, agar Anda terhindari dari sejumlah kerugian tadi, hal pertama yang harus dilakukan adalah tahu dulu jenis-jenis material berkualitas yang digunakan untuk membuat kitchen set. Barulah nanti berburu material kitchen set berkualitas yang Anda butuhkan untuk desain yang sudah Anda buat sebelumnya.

pexels.com

Papan Payu Terbaik untuk Kabinet

Harga kitchen set sangat sebagian besar dipengaruhi oleh kualitas papan kayu yang dijadikan sebagai kabinet. Pertanyaannya kemudian adalah diantara begitu banyaknya variasi papan kayu, kira-kira mana yang memiliki kualitas terbaik dengan harga yang relatif terjangkau?

Untuk pilihannya banyak yang merekomendasikan kayu olahan multipleks atau plywood. Alasannya material kitchen set yang satu ini sudah terbukti memiliki ketahanan yang sangat baik. Bahkan diklaim dari segi kekuatannya hampir setara dengan kayu solid. Dan material ini bisa didapatkan dengan harga yang jauh lebih murah.

Selain multipleks, ada beberaa jenis papan kayu yang juga umum digunakan untuk kitchen set. Misalnya saja seperti MDF dan particle board. Sayangnya keduanya secara kulaitas masih kalah dari multipleks.

Tetapi hal paling penting yang harus selalu diingat adalah materil yang digunakan pada kabinet harus yang tahan lembab, anti rayap, serta tidak mengandung zat yang berbahaya.

Tujuannya sudah pasti agar awet dan tidak mengganggu kesehatan penggunanya. Nah, selain kayu solid dan papan kayu, banyak juga yang memilih menggunakan material UPVC yang diklaim lebih ramah lingkungan.

Finishing HPL dan Cat Duco untuk Kabinet

Tujuan dari finishing haruslah tidak hanya untuk mendapatkan tampilan luar yang menarik dan estetik. Tetapi finishing diterapkan untuk melindungi material penyusun komponen kabinet.

Semisal Anda menggunakan kayu solid sebagai material utamanya, maka direkomendasikan untuk menggunakan finishing melamik untuk melindunginya. Selain itu, tekstur serat kayu juga akan tampak lebih menonjol.

Sementara itu, untuk material multiplek dan papan kayu lainnya, pilihannya bisa menggunakan finishing HPL dan cat duco. Kedua bahan kitchen set yang saat ini tengah menjadi promadona. Pemasangannya yang lebih praktis dan ketersediaan variasi motif yang lebih beragam ditengarai sebagai faktor utamanya.

Pertanyaannya kemudian adalah lebih bagus mana antara HPL dengan cat duco? Meskipun HPL lebih murah dan mudah diperoleh, tapi cat duco dikenal memiliki ketahanan yang lebih prima. Pasalnya cat duco lebih mampu menjaga kekuatan material sekaligus menampakkan warna-warna solid.

pexels.com

Memilih Material Batu Alam dan Solid Surface untuk Counter-Top

Counter-top atau table top pada kitchen set bisa dikatakan menjadi bagian yang paling dimaksimalkan penggunaannya pada saat memasak. Mulai tahap pengolahan makanan, memasak di area kompor, hingga tahap penyajian semuanya dilakukan di atas table top.

Melihat hal tersebut, direkomendasikan untuk memilih material yang tahan panas, tahan gorengan, serta tidak gampang menyerap noda dan minyak. Dalam hal ini, material seperti solid surface, granit, dan marmer diklaim lebih cocok untuk digunakan.

Keramik Tahan Air untuk Area Backsplash

Area backslash termasuk are yang sangat rentan terkena cipratan minyak dan noda saat memasak. Oleh sebab itu, bahan kitchen set yang dipilih untuk area tersebut haruslah yang mudah dibersihkan.

Nah, material pelapis yang bisa Anda pilih adalah keramik dan tegel. Kedua material yang dikenal memiliki cukup banyak variasi dan motif. Meskipun terdapat kelemahan serta keunggulan jika dilihat dari kemudahan cara pemasangannya.

Nah, bagi Anda yang masih bingung mengai berbagai hal tentang kitchen set, kunjungi saja FeastHome. Satu-satunya situs yang menyediakan informasi paling lengkap tentang desain dapur yang trendi dan modern.