Yang Tak Banyak Ketahui Tentang Haji Furoda

0 Comments

Apakah Anda tahu apa yang dimaksud dengan Haji Furoda? Banyak orang yang salah paham mengenai haji yang satu ini. Dan mungkin Anda salah satunya.

Kebanyakan orang hanya mengerti bahwa haji ini adalah haji plus. Pasalnya, calon jamaah haji tidak perlu menunggu antrian. Apalagi antrian haji sekarang ini mencapai 20 tahun. Bahkan, ada juga yang lebih.

Apakah itu yang dimaksud dengan haji furoda? Memang tidak salah. Namun, kurang tepat juga jika dikatakan ini haji plus. Bisa dikatakan plus karena biaya haji Furoda cukup mahal. Namun, ada perbedaan dengan haji plus.

Apa yang Dimaksud dengan Haji Furoda

pixabay

Satu hal yang harus dipahami. Haji Furoda itu beda dengan haji plus dari Depag atau Departeman Agama. Apa yang membedakan? Haji Furoda ini haji di mana kuota jamaah berasal dari kerajaan Arab secara langsung. Seringkali ini disebut dengan haji undangan dari kerajaan.

Makaya, ada beberapa orang yang bisa langsung haji di tahun itu juga. Ada dua kemungkinan. Mereka haji plus dari Depag. Atau mereka mengambil Haji Furoda karena mendapatkan undangan dari Kerajaan Saudi.

Yang menjadi pertanyaan selanjutnya adalah siapa yang bisa mendapatkan haji ini? Ternyata, siapa saja bisa. Asalkah mereka mampu membayar biaya haji Furoda, mereka bisa langsung haji pada tahun itu juga tanpa antri.

Jadi, kuota khusus dari Kerajaan Saudi tersebut diberikan kepada pemerintah Indonesia. Hanya saja, penyelenggaannya ditanggung oleh tour and travel. Jadi, tidak ada tanggungjawab dari Depag.

Kelebihan Haji Furoda Dibandingkan Haji Plus Depag

Mungkin Anda bertanya apakah haji Furoda ini legal. Jelas legal. Pasalnya, kuotanya langsung diberikan oleh pihak Kerajaan Saudi. Hanya saja, penyelenggaraannya tidak di bawah tanggungjawab Depag.

Maka dari itu, ada beberapa kelebihan. Di antaranya sebagai berikut:

  1. Dipandu oleh Biro Haji Terpercaya

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, Depag tidak bertanggungjawab dengan pelaksanaan haji Furoda. Biro perjalanan haji atau tour and travel lah yang memegang tanggungjawab.

 

Namun, Anda tidak perlu khawatir. Ada aturan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah. Jadi, hanya biro yang sudah memenuhi aturan saja yang bisa menyelenggarakan haji ini. Misalnya saja penyelenggara haji harus bisa menyediakan tenaga medis dalam jumlah yang banyak. Untuk 90 jamaah, harus ada 1 dokter yang siap merawat selama haji.

 

Selain itu, penyelenggara haji harus menyiapkan hotel bintang 5. Tidak hanya itu. Hotel tersebut tidak boleh lebih dari 500 meter dari Masjidil Haram. Jika ada syarat yang tidak dipenuhi, izin operasi mereka bisa dicabut.

 

Karena dipandu oleh biro, maka Anda sebagai jamaah lebih diperhatikan. Karena jumlah jamaah haji Furoda hanya sedikit, Anda akan lebih mendapatkan pelayanan yang lebih baik. Berbeda jika Anda mengambil paket regular. Bayangkan, berapa ribu orang yang harus dipandu oleh Depag.

 

  1. Biaya Fleksibel

Biayanya memang mahal. Bisa 3 kali lipat dari biaya haji regular. Namun, biaya tersebut fleksibel. Secara umum, pemerintah memberlakukan aturan di mana satu kamar hanya boleh dihuni oleh maksimal 4 jamaah haji. Namun, kebanyakan penyelenggara haji Furoda menyiapkan satu kamar untuk dua jamaah.

 

Jika satu kamar bisa digunakan 4 jamaah, maka biaya untuk haji ini bisa lebih ditekan. Ini tergantung kebijakan biro yang Anda pilih.

Itulah beberapa kelebihan dari haji plus yang satu ini. Yang pasti, ini bukan haji plus dari Depag. Ini haji dengan kuota khusus diberikan oleh pihak Kerajaan Saudi.

Bagaimana Agar Bisa Haji Furoda

pixabay

Siapa saja bisa memilih paket haji tanpa antri ini. Caranya, Anda hanya perlu datang ke biro perjalanan ibadah haji yang sudah ditunjuk oleh Depag untuk menyelenggarakan haji Furoda.

Setelah itu, Anda harus menyerahkan syarat-syarat umum yang diperlukan, seperti fotokopi data diri, mulai dari fotokopi KTP, akta nikah, akta kelahiran, dan lain sebagainya. Jangan lupa juga untuk menyerahkan surat suntik meningitis. Lalu, ada uang muka yang harus Anda bayarkan di awal. Biayanya sekitar $17,500. Besarnya biaya tergantung penyelenggara.

Setelah itu, petugas akan melakukan pendaftaran dan mengurus berkas-berkas. Sambil menunggu visa Anda jadi, Anda bisa siapkan uang pelunasan. Karena tidak lama lagi dari hari pendaftaran, Anda akan mendapatkan kabar kapan harus melunasi biaya haji. Setelah itu, Anda bisa mempersiapkan diri untuk berangkat haji. Anda tidak perlu menunggu hingga tahun-tahun mendatang.