Penyebab Terjadi Gagal Jantung

0 Comments

Ada banyak penyebab yang membuat gagal jantung dan ada beberapa hal yang meningkatkan resiko terjadinya masalah jantung tersebut. Gagal jantung sendiri merupakan keadaan saat jantung tidak dapat memompa darah dengan oksigen dengan efektif ke seluruh organ tubuh. Ini berakibat organ tubuh tidak dapat menjalankan fungsinya dengan benar.

Gejala yang terjadi di tubuh ketika gagal jantung sebagai berikut:

  • Mengalami sesak napas ketika sedang melakukan aktivitas fisik atau saat istirahat.
  • Mengalami bengkak-bengkak pada tubuh terutama di pergelangan kaki.
  • Jantung yang berdenyut dengan cepat.
  • Mengalami cepat lelah, terlebih ketika sedang berolahraga atau sedang melakukan aktivitas fisik tertentu.
  • Sering pipis saat malam hari.
  • Penurunan nafsu makan.
  • Mengalami sulit berkonsentrasi dan fokus.
  • Batuk yang tidak kunjung berhenti dan akan lebih parah ketika malam hari.

Bila kamu sedang mengalamii gejala-gejala seperti diatas lebih baik untuk segera menjumpai dokter. Sebab gejala yang di atas ini juga dijumpai dari penyakit lain dan sangat penting untuk melakukan pemeriksaan dokter agar dapat memastikan penyebab dari gejala tersebut.

Hal-hal yang menyebabkan gagal jantung

Gagal jantung sendiri disebabkan oleh keadaan yang terjadi karena terdapat penyakit kronis yang mengakibatkan jantung kaku, lemah, bekerja terlalu keras dalam waktu lama atau jantung mengalami kerusakan struktural. Dibawah ini ada beberapa hal yang mengakibatkan gagal jantung:

  • Penyakit jantung koroner

Penyakit satu ini merupakan penyakit yang kerap kali menjadi penyebab orang alami kegagalan jantung. Penyakit jantung ini diakibatkan oleh adanya sumbatan atau plak yang menghambat pembuluh darah ke jantung yang membuat aliran darah ke jantung menjadi tidak lancar. Ini akan mengakibatkan otot jantung menjadi rusak karena kurangnya pasokan oksigen dan membuat jantung tidak dapat memompa darah dengan benar. Hal tersebutlah membuat orang yang memiliki penyakit jantung koroner lebih beresiko mengalami gagal jantung.

  • Hipertensi atau tekanan darah tinggi

Bila tekanan darah di dalam pembuluh darah terlalu tinggi ini mebuat jantung akan bekerja lebih keras agar dapat memompa darag supaya seluruh organ tubuh bisa mendapatkan pasukan oksigen dengan baik. Jika tekanan darah tinggi ini tidak cepat diobati ini akan membuat otot jantung bisa bekerja lebih berat untuk dapat memompa darah.

Bila jantung bekerja berlebihan dengan memompa darah dengan lebih kuat semakkin lama otot pada jantung dapat menjadi kaku, ini akan membuat kemampuan jantung agar dapat memompa darah menjadi terganggu.

  • Katup jantung rusak

Peredaran darah di dalam tubuh memiliki jalan satu arah. Di bagian jantung yang memiliki tugas untuk memastikan aliran darah dari menuju jantung hingga tidak berbalik ini adalah fungsi katup-katup jantung. Oleh sebab itu bila mengalami kerusakan di katup jantung maka aliran darah bisa terbendung dan mengakibatkan gangguan pada jantung.

Aliran darah yang telah terhambat yang disebabkan oleh adanya masalah di katup jantung akan membuat jantung bekerja lebih keras. Semakin lama jantung yang dipaksa harus bekerja dengan berat akan melemah dan mengakibatkan jantung tidak dapat memompa darah dengan normal dan membuat gagal jantung.

  • Diabetes

Pasien diabetes akan mempunyai resiko lebih banyak mendapatkan gagal jantung.resiko tersebut bisa lebih besar bila kadar gula dalam darah pasien diabetets menjadi tidak terkontrol dan terus tinggi.

Ini diĀ  karenakan oleh kadar gula darah yang terlalu tinggi membuat darah pekat dan kental yang membuat jantung menjadi kerja dengan keras supaya dapat memompa darah ke seluruh tubuh. Hal itulah yang membuat para penderita diabetes akan mendapat resiko lebih tinggi alami gagal jantung.

  • Aritmia

Ini merupakan kondisi saat detak jantung tidak normal, detak jantung yang terlalu cepat maupun detak jantung yang terlalu lambat atau detak jantung yang tidak teratur. Ketika detak jantung menjadi tidak normal ini akan menimbulkan masalah pada fungsi jantung tiidak kecuali fungsi jantung untuk memompa darah ke seluruh tubuh.

  • Miokarditis

Ini adalah masalah peradangan di otot jantung yang biasanya ditimbulkan oleh infeksi virus. Selain karena virus, miokarditis ini dikarenakan oleh infeksi parasit atau jamur dan penyakit autoimun. Peradangan terebut bisa mengakibatkan masalah pada fungsi jantung, termasuk fungsi jantung untuk dapat memompa darah dengan efektif.

Di atas merupakan penyebab masalah pada jantung yang mengakibatkan timbulnya gagaljantung. Selain masalah diatas ada beberapa kondisi yang juga membuat masalah pada jantung untuk dapat memompa darah dengan benar seperti memiliki penyakit hipertensi pulmonal, anemia, penyakit ginjal, alergi, obesitas, infeksi, efek samping obat yang dikonsumsi, serta pembekuan darah pada paru-paru.

Kebanyakan orang saat ini belum sadar bahwa dirinya memiliki resiko tinggi mengalami gagal jantung. Agar dapat mencegah terjadinya gagal jantung, kamu perlu dengan rutin melakukan pemeriksaan kesehatan ke dokter jantung, apalagi bila memiliki tanda-tanda penyakit seperti di sebutkan di atas.

Selain melakukan pengecekan kesehatan sangat penting untuk menjalani gaya hidup sehat dengan benar. Dengan menerapkan pola makan yang benar dan menjalankan olahraga dengan rutin. Selain itu kamu juga dapat memanfaatkan teknologi kesehatan seperti dr laser untuk membantu menjaga kesehat pada organ jantung kamu.