Film Tentang Olahraga

0 Comments

Dunia olahraga kini sudah merambah ke kalangan masyarakat luas, dari yang terpencil hingga perkotaan, dari anak-anak hingga orang tua. Selain menjadi kebutuhan dan kesehatan tubuh, olahraga juga menjadi gaya hidup.

Karena itulah muncul karya-karya yang berbicara tentang dunia olahraga, mulai dari komik hingga film. Akan tetapi pada kesempatan kali ini kita hanya akan membahas film tentang olahraga. Bagi kamu pecinta film dan Pecinta Olahraga, kamu wajib nonton film-film di bawah ini.

Film Tentang Olahraga Yang Wajib Ditonton

3 Srikandi

3 srikandi merupakan satu-satunya film Indonesia dengan basic olahraga. Film ini menceritakan tentang perjuangan 3 atlet panahan perempuan asal Indonesia yang berhasil merebut medali emas pada suatu olimpiade di Seoul pada tahun 1988.

3 atlet tersebut mempersiapkan diri untuk pertandingan dalam waktu yang singkat dengan didampingi 1 pelatih bernama Donald Pandiangan. 3 atlet tersebut bernama Lilies, Nurfitriyana, dan Kusuma.

Rush

Film rush diangkat dari kisah nyata dan telah rilis pada tahun 2013 lalu. Diceritakan dalam film ini bahwa ada dua pembalap F1 era 1970-an yang bersaing ketat di lintas balap.

Dua pembalap tersebut bernama Niki Lauda dan James Hunt yang selalu menjadi juara setiap tahunnya dan keduanya terus bergantian.

Suatu waktu ketika keduanya tengah berlomba di kejuaraan besar, Lauda mengalami kecelakaan yang cukup parah saat ia hampir menyelesaikan pertandingannya. Meskipun begitu, ia terus melanjutkan perjalanannya dan bertekad dapat mengalahkan Hunt.

Glory Road

Glory road merupakan film dengan basic olahraga basket yang diambil dari kisah nyata. Film ini menceritakan tentang diskriminasi, rasisme, dan para atlet basket yang berasal dari turnamen NCAA Universal Championship pada tahun 1966.

Pada saat itu, satu-satunya tim di NCAA adalah Texas Western College yang semua anggotanya berkulit hitam, sementara pelatihnya berkulit putih yang bernama Don Haskins. Uniknya, sang pelatih hanya mau melatih tim yang beranggotakan orang berkulit hitam.

Pele: Birth of A Legend

Pele merupakan atlet sepak bola profesional dan ternama sebelum hadir oleh Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi. Film ini menceritakan perjalanan Pele mulai dari seorang yang terbilang miskin di kampungnya hingga menjadi atlet sepak bola yang sukses.

Race

Salah satu film yang hadir dengan basic olahraga lari adalah race. Film ini menceritakan atlet lari dari Afrika yang bernama Jesse Owens, di mana ia pernah meraih medali emas pada olimpiade berlin tahun 1963.

Awalnya ia adalah seorang pengangguran di kampungnya, kemudian ia berlatih lari dengan sarana seadanya. Hingga akhirnya ia menjadi atlet lari ternama.

Eddie the Eagle

Film ini menceritakan sosok atlet ski profesional yang memulai karirnya sejak kecil sampai dewasa. Ia bernama Michael Eddie Edwards yang diperankan oleh Taron Egerton. Film ini dirilis pada tahun 2016 lalu.

The Blind Side

Film dengan judul the blind side ini menceritakan perjuangan seorang atlet sepak bola dari American Football Profesional. Tokoh utamanya adalah Quinton Aaron yang berperan sebagai Michael Oher.

Ia merupakan anak broken home dan memiliki masalah fisik yang tidak ideal. Akan tetapi ia mampu bangkit dengan bantuan seorang gadis bernama Leigh Anne Tuohy (Sandra Bullock).

Bend it Like Beckham

Film ini mengisahkan seorang wanita yang mempunyai impian menjadi atlet sepak bola yang profesional, seperti idolanya yaitu David Beckham. Wanita tersebut bernama Jesminder “Jess” Bhamra. Ia terus berjuang meskipun keinginannya tidak sejalan dengan budaya yang ada.

Miracle

Film miracle diangkat dari kisah nyata perjuangan atlet hoki bernama Herb Brooks. Ia selalu berusaha mendapatkan prestasi, hingga pada akhirnya ia beralih profesi menjadi seorang pelatih hoki.

Cerita ini kemudian menjadi motivasi bagi tim hoki nasional Amerika untuk bisa mendapatkan medali di olimpiade olahraga hoki.

Rocky

Film rocky dirilis pada tahun 1976. Film ini memiliki basic olahraga tinju. Di dalamnya diceritakan seorang penagih hutang bernama Rocky Balboa yang memiliki impian menjadi orang sukses di masa mendatang.

Pendidikan rocky tidak terlalu tinggi, akan tetapi ia memiliki kemampuan beladiri yang luar biasa dan akhirnya ia berlatih menjadi petinju. Rocky selalu berlatih dan berjuang agar menjadi petinju kelas dunia.

Invicible

Invicible merupakan film dengan basic olahraga yang rilis pada tahun 2003 dengan tokoh utama Mark Wahlberg yang berperan sebagai Vince Papale. Film ini diangkat dari kisah nyata seorang buruh biasa yang masuk ke tim football.

Akan tetapi ia memiliki kemampuan bermain sepak bola yang luar biasa, hingga sang pelatih Dick Vermeil (Greg Kinnear) takjub dan direkrut untuk membantu suatu tim football yang sempat redup agar kembali bangkit dari keterpurukan.

Longest Yard

Film dengan judul longest yard ini diangkat dari kisah nyata seorang mantan pemain sepak bola Amerika bernama Paul Crewe yang masuk bui karena satu insiden. Di dalam bui, ia diminta untuk menjadi pelatih para tahanan bermain sepak bola, bahkan sampai membentuk tim.

Itulah beberapa film tentang olahraga yang bisa coba kamu tonton dengan alur cerita yang menarik.