Picu Maag dan Diare, Berikut 3 Efek Samping Cincau Hijau yang Wajib Diketahui

0 Comments

 

Beberapa tanaman yang ada di bumi dapat dimanfaatkan untuk pengobatan atau sumber makanan. Cara pengolahan setiap tanaman ini berbeda beda karena disesuaikan dengan ciri atau karakteristiknya.

Sebagian besar tanaman mengandung manfaat, tetapi ada pula efek samping cincau hijau yang harus diwaspadai. Efek samping ini dikarenakan setiap hal yang berlebihan tentu tidak baik untuk tubuh.

Oleh sebab itu, sebelum mengkonsumsi makanan yang terbuat dari daun cincau berwarna hijau wajib mengulik efeknya. Yuk intip ulasan lengkapnya di bawah ini!

Cara Pengolahan Daun Cincau Berwarna Hijau

Langkah langkah yang diperlukan untuk membaut satu hidangan cincau berwarna hijau ini cukup sederhana. Anda hanya perlu dua bahan penting, yaitu daun cincau berwarna hijau dan air matang.

Tidak ada takaran yang tepat untuk dua bahan tersebut, sehingga anda dapat menyiapkan sesuai selera. Setelah itu, pastikan telah mencuci daun cincau agar tidak ada kotoran atau debu yang tertinggal.

Apabila anda ingin menghasilkan cincau yang bertekstur lembut, takarannya 40 lembar daun dan 1 liter air. Setelah itu, anda dapat memprosesnya untuk jadi hidangan cincau lembut dan tidak terlalu kental.

Cara pengolahannya cukup dengan meremasnya secara manual, sehingga warna yang akan dihasilkan lebih pekat. Selain itu, tekstur yang dihasilkan dari remasan manual ini lebih terasa daripada blender.

Langkah pertama, siapkan baskom dan masukkan daun cincau ke dalam baskom tersebut. Setelah itu, tambahkan sedikit air ke dalamnya dan remas remas daun cincau secara manual.

Setelah daun hancur, anda dapat menambahkan 500 cc air sedikit demi sedikit ke baskom. Efek samping cincau hijau yang diberi air ini harus disaring agar dapat tekstur yang anda inginkan..

Langkah kedua, masukkan air yang tersisa sedikit demi sedikit sambil meremas daun tersebut hingga keluar jelinya. Tahap akhir, saring kembali dan campurkan dengan hasil saringan yang pertama.

Setelah proses penyaringan, anda hanya perlu menyimpan di dalam kulkas dan menunggu hingga mengental. Cincau pun dapat dikonsumsi dengan menambahkan air gula, sirup, atau santan.

Manfaat Mengkonsumsi Cincau Berwarna Hijau

Manfaat pertama, kandungan serat di dalam cincau ini sangat tinggi, sehingga baik untuk pecernaan. Tidak hanya baik, makanan berwarna hijau ini juga diklaim dapat memenuhi kebutuhan serat harian.

Menariknya, kandungan di dalamnya sangat banyak dan baik untuk tubuh terutama orang yang sedang diet. Makanan ini mengandung 122 kalori, tetapi efek samping cincau hijau ini tidak baik bila konsumsi berlebihan.

Konsumsi di takaran yang tepat dapat memberikan manfaat yang baik untuk tubuh. Anda dapat terhindar dari penyakit jantung coroner karena kandungan serat yang tinggi.

Diklaim mampu mengontrol tekanan darah tinggi yang sering kali berujung pada penyakit kronis lainnya. Anda dapat mengkonsumsi cincau berwarna hijau ini agar tekanan darah lebih stabil.

Kandungan yang sangat baik di dalamnya, seperti kalsium, fosfor, polifenol, vitamin, dan lain lain. Minuman ini tidak hanya menyegarkan, tetapi juga memiliki beragam manfaat untuk tubuh.

Menurunkan tekanan darah tinggi dengan cincau ini cukup mudah. Siapkan 5 gram daun cincau lalu diolah jadi minuman menyegarkan dan dikonsumsi 2 kali sehari secara rutin.

Efek yang Dirasakan Karena Konsumsi Cincau Berwarna Hijau

Efek pertama yang dirasakan oleh tubuh saat konsumsi cincau berlebihan ialah maag dan gastritis. Keduanya sangat berbahaya karena daun cincau ini mengandung asam askorbat yang cukup tinggi.

Penyakit kedua yang dapat dipicu dari cincau, yaitu diare. Bertolak dari kandungan asam yang tinggi, konsumsi cincau ini dapat menyebabkan feses yang berdarah, sehingga melukai saluran pembuangan anda.

Efek samping cincau hijau lainnya saat konsumsi terlalu banyak, yaitu anemia. Banyaknya kandungan Betaine dan Asam Askorbat dapat menyebabkan sel sel darah yang tidak stabil di dalam tubuh.

Mengkonsumsi makanan dari tumbuhan yang bersifat alam ini sangat baik. Proses yang dipakai cukup aman, sehingga tidak perlu khawatir mengenai zat pengawet yang dipakai.

Akan tetapi, anda harus memperhatikan kadar konsumsinya agar tidak terjadi efek yang buruk. Jumlah konsumsi yang terlalu tinggi ternyata tidak baik untuk kesehatan, termasuk cincau berwarna hijau. Untuk lebih jelasnya anda bisa mengecek website tabayyun untuk mengetahui Efek Samping cincau hijau lebih lanjut