Inspirasi Untuk Dekorasi Ruang Makan

0 Comments

 

Dalam tradisi Asia, aktivitas makan keluarga maupun makan bersama dengan kerabat dilakukan di ruang makan. Namun berbeda dalam tradisi Eropa yang mana jamuan makan bersama dilakukan di sebuah ruangan besar atau ballroom dengan meja besar dan panjang yang dilengkapi dengan armchair.

Saat ini, entah di Asia ataupun Eropa sudah banyak yang membuat ruang makan sebagai salah satu ruangan wajib sebuah rumah. Tidak terkecuali untuk rumah hunian mungkin, karena walaupun areanya terbatas mereka tetap dapat mendapatkan ruang maka dengan mengkombinasikan area dapur dengan ruang makan. Karenanya ruang makan akhirnya terus berkembang menjadi ruang utama dimana aktivitas inti dengan keluarga dilakukan.

Dekorasi Sebagai Pemanis Ruang Makan

Karena fungsi ruang makan yang begitu banyak dan sangat personal, sangat wajar apabila anda memberikan perhatian yang lebih besar untuk dekorasinya. Berikut adalah beberapa dekorasi pemanis yang bisa anda tambahkan pada ruang makan:

  • Meja konsol, sebagai meja transisi makanan sebelum disajikan di meja makan. Biasanya meja ini juga digunakan sebagai meja untuk meletakkan peralatan makan yang kotor hingga kegiatan makan benar-benar selesai. Dengan adanya meja konsol membuat meja makan menjadi rapi. Untuk mempermudah pergerakan meja, sebaiknya memilih meja konsol dengan roda. Untuk anda yang memiliki hunian mungil, sebaiknya tidak menggunakan meja konsol karena akan memakan banyak tempat. Namun bila anda memiliki ruangan dengan area yang cukup besar, bahkan anda bisa menggunakan meja konsol yang merupakan furniture Jepara, sehingga lebih kokoh.
  • Pencahayaan merupakan satu diantara sekian elemen penting untuk ruangan termasuk ruang makan. Pencahayaan sebagai dekorasi harus dipikirkan dengan matang karena dapat merusak atau memaksimalkan dekorasi yang sudah ada. Karena sebagian besar aktivitas keluarga dilakukan di ruang makan, lebih baik memfokuskan pencahayaan dengan menggunakan lampu gantung yang diletakkan tepat di atas meja makan. Untuk ruang makan klasik banyak yang menggunakan chandelier, namun anda bisa mengganti chandelier dengan lampu gantung kristal ataupun lampu gantung kap polos yang lebih sederhana.
  • Tanaman hias, tidak hanya menyegarkan ruangan saja namun juga membuat suasana menjadi lebih rileks. Apalagi jika anda menggunakan tanaman dengan bunga atau daun berwarna merah atau kuning, pasti ruang makan akan terasa lebih menyenangkan karena kedua warna tersebut dikenal sebagai warna yang dapat merangsang nafsu makan. Jika ruang makan anda besar, maka anda bisa menggunakan pot dan juga tanaman yang besar untuk diletakkan di sudut ruangan. Namun jika ruang makannya mungil, anda bisa menggunakan tanaman hias yang kecil sebagai hiasan di atas meja makan.

Macam-Macam Dekorasi Untuk Ruang Makan

Dekorasi ada banyak sekali jenisnya, bisa anda letakkan di meja makan, di lantai, di dinding dan di berbagai sudut lainnya di ruang makan. Kalau tadi sudah membahas mengenai beberapa barang yang bisa digunakan sebagai dekorasi pemanis ruang makan, sekarang saatnya membahas beberapa jenis dekorasi yang ada.

  • Dinding

Tidak banyak yang memperhatikan dekorasi ruang makan untuk dinding. Biasanya orang-orang membiarkan dinding tanpa ada hiasan apapun, hanya dinding polos. Padahal anda bisa menambahkan banyak pemanis sebagai dekorasi di dinding, tidak perlu berupa barang. Misalnya saja dengan menggunakan warna cat seperti merah dan kuning. Anda bisa mengaplikasikan dua warna cat pada dinding tanpa membuatnya menjadi terlalu dominan. Contoh lainnya adalah dengan menggunakan wallpaper. Jika menggunakan wallpaper, anda memiliki pilihan yang lebih banyak, karena wallpaper memiliki motif, gambar dan warna yang sangat banyak.

Kalau anda ingin memiliki dinding dengan warna yang polos, maka anda harus menggunakan dekorasi lainnya seperti lukisan atau foto keluarga agar dinding tidak terasa membosankan.

  • Lantai

Yang dimaksud dengan lantai adalah, anda menggunakan perabotan atau furniture yang diletakkan di lantai. Contohnya adalah lemari panjang yang fungsinya tidak hanya sebagai tempat penyimpanan, namun juga sebagai dekorasi ruangan. Jadi anda bisa mendapatkan ruangan yang rapi sekaligus mendapatkan suasana ruangan yang lebih manis. Anda tidak hanya bisa menyimpan peralatan makan, namun juga bisa memajang barang-barang lainnya, sebut saja koleksi botol wine, koleksi porcelain dan lain sebagainya.

  • Atas meja makan

Ketika tidak digunakan, meja makan cenderung kosong. Untuk membuat meja makan terlihat lebih manis, anda bisa menambahkan dekorasi yang fungsional. Nah, berikut adalah beberapa barang yang tidak hanya bisa menjadi pemanis, namun juga memiliki fungsi yang lain.

  1. Vas bunga

Tanaman tidak hanya untuk menyegarkan udara dalam ruangan, namun juga bisa mempercantik ruangan. Anda bisa meletakkan bunga-bunga cantik di atas meja makan dengan vas bunga yang cantik pula.

  1. Tempat lilin

Ketika tidak sedang digunakan, tempat lilin memberikan pemandangan yang manis. Dan ketika digunakan pada malam hari, akan membuat makan malam anda terasa lebih romantis.

  1. Taplak meja

Walaupun tidak harus anda gunakan, namun jika anda memilih taplak meja yang tepat, maka anda akan membuat tampilan meja makan menjadi lebih manis. Selain itu taplak meja juga dapat menjaga meja anda yang menggunakan material-material khusus yang membutuhkan perlindungan ekstra.