Apa itu Cloudflare? Ini Penjelasan Singkatnya

0 Comments

Website yang aman tentu akan mampu menjaga kinerjanya. Hal ini karena pengunjung pada suatu situs tidak hanya memiliki tujuan untuk mencari informasi belaka. Namun juga ada yang bertujuan untuk menghabiskan sumber daya dari website Anda dan melakukan serangan berbahaya lainnya. Oleh karena itu, diperlukan teknologi yang mampu menjaga keamanan dan kinerja website tersebut.

Salah satu teknologi yang dapat digunakan yaitu Cloudfire. Adanya teknologi inilah yang akan menjaga kinerja tetap stabil dan website tetap aman dari pengunjung yang memiliki tujuan buruk. Nah, apa itu Cloudflare sebenarnya? Yuk, simak penjelasan singkatnya bertikut ini.

Pengertian Apa itu Cloudflare

Pixabay.com

Cloudflare merupakan suatu teknologi yang bertindak sebagai penghubung antara pengunjung dan server suatu website. Dimana hal ini mampu bertindak sebagai proxy dan mampu melayani cache konten secara statis dari server yang terdekat sehingga pemrosesan sebuah website dapat lebih cepat. Tujuannya adalah agar situs tersebut dapat terhindar dari bahaya yang dilakukan oleh pengunjung yang merusak kinerja.

Saat Anda menggunakan Cloudflare maka akan mendapatkan berbagai fasilitas. Fasilitas tersebut antara lain yaitu mendapatkan mitigasi jika adanya sedangan DdoS. Selain itu juga akan mendapatkan analisis untuk semua permintaan yang dibuat untuk suatu situs. Tidak hanya itu, Anda juga akan mendapatkan kemudahan instalasi sertifikasi SSL dan jaringan gateway antar protokol.

Selain mendapatkan berbagai macam fasilitas yang dapat menjaga kinerja website, penggunaan Cloudflare sendiri memiliki berbagai fungsi berikut ini:

Meningkatkan kinerja website

Cloudflare yang berada pada suatu website akan mampu mengarahkan pengunjung pada server yang terdekat. Hal ini akan berdampak pada kinerja pemrosesan website yang lebih cepat dalam memunculkan informasi yang dibutuhkan saat mengunjungi suatu situs. Kecepatan ini mampu mencapai dua kali lebih cepat dibandingkan dengan website yang tanpa menggunakan teknologi Cloudflare.

Memastikan keamanan website

Website yang telah dilengkapi dengan teknologi Cloudflare akan menerima permintaan akses dari pengunjung yang dianggap berbahaya. Hal ini karena teknologi ini mampu menganalisis dan menduga pengunjung yang berisiko. Apabila terdapat pengunjung yang dirasa mampu mengancam kinerja website tersebut, maka secara otomatis Cloudflare akan memblokir pengunjung tersebut.

Adanya fungsi ini akan membuat kinerja website terjaga. Selain itu, keamanan website juga lebih pasti. Pada akhirnya akan berdampak pada pengunjung yang nyaman karena tidak terkena adanya virus yang dapat mengancam perangkat digital mereka.

Mampu menyediakan cache konten statis

Penyediaan cache konten statis inilah yang akan mampu membuat kinerja website meningkat. Hal ini karena adanya cache ini akan membuat website diproses lebih cepat. Konten statis yang ada tidak hanya teks saja, namun juga gambar, CSS, JavaScript dan lain sebagainya. Konten statis yang telah menjadi cache ini akan memudahkan server untuk melengkapi informasi yang dibutuhkan pengunjung.

Melindungi website dari spam

Website yang diserang oleh spam tentu akan menurunkan kinerjanya. Hal ini karena akan begitu banyak menyerap sumber daya yang ada. Akibatnya pemrosesan menjadi lebih lama. Adanya Cloudflare ini akan mampu melindungi website Anda dari komentar spam yang masuk. Hal ini karena adanya pengelola Cloudflare yang telah memiliki data pengunjung sehingga dapat menjaga website tetap aman.

Setelah mengetahui pengertian apa itu Cloudflare dan fungsinya, lantas bagaimana langkah setting untuk melakukan setting teknologi ini agar website tetap terjaga kinerjanya dan aman dari perusak? Berikut penjelasannya.

Langkah Pengaturan Cloudflare

Pixabay.com

Untuk dapat menggunakan Cloudflare tentu saja website Anda harus terdaftar terlebih dahulu dan berada pada server Cloudflare. Hal ini akan menjadikan seluruh akses yang menuju website Anda dilewatkan terlebih dahulu melalui Cloudflare. Disinilah fungsinya mulai bekerja untuk menganalisis setiap pengunjung yang datang dan meningkatkan kecepatan website Anda. Berikut langkah pengaturannya pada website WordPress.

  • Langkah pertama yaitu membuat akun pada website Cloudflare untuk mendaftarkan diri dan mengisi semua informasi yang dibutuhkan. Kemudian memasukkan nama domain dari website Anda.
  • Langkah kedua setelah memasukkan nama domain website adalah memastikan bahwa informasi DNS telah benar dan mengaktifkan Cloudflare untuk situs Anda.
  • Langkah ketiga adalah mendapatkan Nameserver. Dimana hal ini memastikan bahwa website Anda telah menjadi anggota server pada Cloudflare. Setelah itu domain nameserver akan diganti.
  • Langkah terakhir adalah melakukan konfigurasi Cloudflare dengan website yang Anda daftarkan. Jika sudah pada langkah ini, maka situs Anda telah tersematkan Cloudflare dan akan terjaga kinerja dan keamanannya dari penyerang.

Namun jika Anda masih awam untuk dapat mengaktifkan Cloudflare dengan mudah, Anda dapat memanfaatkan bantuan dari Atlanta SEO Company. Tentu saja hal ini akan lebih mudah untuk mengelolanya karena ditangani oleh ahlinya.