Ciri Khas Masakan Padang dan Daftar Masakan Padang Terenak

0 Comments

Siapa yang tidak kenal dengan rasa nikmat dari Masakan Padang? Pastinya kita semua pernah makan di rumah makan Masakan Padang di kota tempat kita tinggal. Bahkan mungkin ketika kalian sedang bosan dengan makanan rumah atau di warung rames, Masakan Padang menjadi alternatif untuk kalian menambah nafsu makan.

Dan pada kesempatan kali ini, kami akan mengajak kalian untuk mengetahui ciri khas masakan padang dan melihat beberapa daftar masakan padang terenak yang bisa menjadi referensi kalian ketika berkunjung ke rumah makan padang dan mencoba menu masakan yang mungkin belum pernah kalian coba pada daftar yang kami berikan disini.

Apa yang dimaksud dengan Masakan Padang?

Masakan Padang merupakan nama yang umum digunakan untuk segala jenis masakan khas dari daerah di Sumatra Barat tepatnya di daerah Minangkabau. Semua masakan khas dari daerah Minangkabau ini lebih kita kenal dengan sebuan masakan padang.

Walaupun sebenarnya berbagai masakan di rumah makan tersebut tidak semuanya beradal dari kota padang, tapi ini sudah menjadi kebiasaan orang indonesia menyebutkan berbagai jenis masakan yang disajikan di rumah makan padang ini sebagai masakan asli dari Padang. Walaupun ada beberapa makanan yang berasal dari kota Solok, Bukittinggi,  Payakumbuh, Padang Pariaman, dan kota lainnya.

Ciri Khas Masakan Padang

Kita yang sudah sering makan di rumah makan padang pastinya sudah tidak asing dengan ciri khas cita rasa yang dimiliki masakan padang. Beberapa cita rasa tersebut berasal dari ciri khas masakan pada sebagai berikut :

Kaya Akan rempah-rempah dan bumbu

Sudah tidak bisa dipungkiri dengan rasa yang enak dan nikmat pada setiap kuah dari masakan padang pastinya berasal dari bumbu dan rempah-rempah yang kaya saat pengolahan masakannya. Umumnya masakan padang ini menggunakan rempah seperti serai, lengkuas, dan daun aromatik seperti daun kunyit, daun jeruk, kayu manis, kapulaga, jinten dan bumbu rempah lainnya yang dipadukan dengan tambahan santan.

Rasa Pedas

Kita juga tahu bahwa masakan padang memiliki cita rasa khas pedas dari bahan cabai di setiap masakannya. Rasa pedas dari masakan khas padang ini dikarenakan di wilayah Sumatera Barat yang berada di dataran tinggi, membuat cabai dalam makanan berguna untuk menghangatkan tubuh. Tapi rasa pedas dari makanan khas padang ini tidak terlalu pedas seperti masakan yang berasal dari daerah lain. Karena cabai yang digunakan adalah cabai hijau, cabai merah keriting dan cabai merah besar.

Cabai Wajib Diuleg Saat Memasaknya

Ini juga menjadi ciri khas dari masakan Minang, dalam proses memasaknya cabai sebelum dimasak wajib diuleg bukan dihaluskan menggunakan blender atau alat lainnya untuk menghaluskan cabainya.

Ayam Tanpa Kulit di Masakan Padang

Ada ciri khas lagi yang hanya di masakan padang, yaitu ayam tanpa kulit di masakan gulai, ayam pop ataupun ayam bakarnya. Jadi, jika kalian penggemar kulit ayam, mungkin di rumah makan padang bukan tempat yang tepat, untuk kalian menikmati kulit ayam.

Menggunakan Santan yang Pekat

Hampir di semua makanan yang disajikan di menu makanan padang kita akan menemukan masakan yang pekat akan santan, seperti pada menu gulai, rendang, kalio ataupun asam padeh. Untuk dihidangan manisnya pun terdapat santan pekat pada dadiah, bika ataupun bubur kampiun. Dengan penambahan santan yang pekat ini memberikan rasa masakan padang lebih berlamak, medok, lebih sedap dan tentunya membuat rasa masakan menjadi lebih gurih.

Daftar Masakan Padang Terenak

Setelah kita membahas ciri khas masakan padang, berikut ini akan kami sajikan beberapa daftar menu masakan padang terenak yang wajib kalian coba saat berkunjung ke rumah makan padang.

1. Rendang

Tidak perlu diragukan lagi rasa dari masakan padang bernama Rendang, ini adalah salah satu lauk favorit banyak orang ketika memesan makanan di rumah makan padang. Dan yang luarbiasanya, Rendang menjadi salah satu makanan terenak di dunia loh.

Dengan proses pembuatan daging rendang yang dipanaskan berulang-ulang ditambah dengan bumbu santan kelapa sampai berjam-jam ditambah juga dengan bumbu rempah-rempah khas rendang membuat rasa rendang tidak terkalahkan.

2. Sate Padang

Makanan satu ini menjadi salah satu menu yang tidak boleh terlewatkan ketika berada di rumah makan padang. karena saus dari sate padang memiliki cita rasa yang khas yang terbuat dari tepung beras yang diencerkan yang dikombinasikan dengan air rebusan daging yang kaya akan bumbu rempah-rempahnya. Umumnya sate padang menggunakan bahan seperti jeroan, lidah, dan daging sapi.

3. Dendeng Batokok

Jika kamu suka dengan masakan yang memiliki rasa pedas, kalian wajib mencoba masakan padang bernama Dendeng Batokok. Masakan ini menggunakan bahan daging sapi yang tebal yang dimasak berama dengan bawang merah dan cabai hijau sehingga memiliki cita rasa daging yang empuk dengan rasa asam dan pedas yang nikmat.

4. Ikan Asam Padeh

Selanjutnya diurutan nomor 4 ada menu masakan bernama Ikan Asam Padeh, ini adalah masakan khas Minangkabau yang menggunakan kuas asam padeh dengan bahan kemiri yang diolah bersama dengan ikan tongkol. Cita rasa yang asam dari bahan kandis dan rasa pedas dari cabainya membuat banyak orang ketagihan memakan masakan khas Minang satu ini.

Dan untuk menu lainnya yang tidak boleh dilewatkan untuk dicoba ada menu seperti :

  • Ayam Goreng
  • Ikan Balado
  • Dendeng Balado
  • Telur Dadar
  • Soto Padang

Itulah beberapa informasi tentang ciri khas masakan padang dan daftar menu masakan padang yang tidak boleh kalian lewatkan untuk disantap saat berkunjung ke rumah makan padang. Dan jika kalian terarik membuat masakan tersebut sendiri di rumah silahkan cek resep masakan padang di website cimacnoticias.