Ciri ciri burung merpati

0 Comments

Untuk anda pecinta burung merpati pasti sudah tau kan bagaimana ciri-ciri burung merpati yang bagus atau tidak? Karena ternyata kualitas burung merpati bagus atau tidak bisa di lihat dari ciri-cirinya lho. Jangan sampai anda membeli burung merpati dengan harga yang tinggi namun ternyata burung merpati tersebut merupakan burung merpati biasa dan bukan termasuk burung merpati dengan kualitas tinggi.

Untuk itu agar anda tidak mudah tertipu, anda harus memahami betul ciri-ciri burung merpati yang berkualitas atau tidak. Berikut beberapa ciri-ciri burung merpati yang berkualitas yang perlu anda ketahui sebagai acuan ketika anda akan membeli burung merpati nantinya.

·      Batok kepala

Perhatikan batok kepala pada burung merpati, batok kepala pada burung merpati dapat mengindikasikan jika burung merpati tersebut berkualitas atau tidak. Carilah burung merpati yang memiliki kemiringan antara 45 derajat hingga 60 derajat dari batok kepala ke bagian pangkal hidung. Kemiringan derajat tersebut merupakan parameter kelincahan burung merpati itu sendiri, sehingga semakin besar derajat kemiringan burung merpati maka akan semakin tidak berkualitas burung tersebut.

·      Perhatikan bagian mata

Selanjutnya perhatikan bagian mata dari burung merpati tersebut, jika bola mata pada burung merpati berbentuk bulat sempurna maka burung merpati tersebut merupakan burung merpati dengan kualitas yang bagus. anda dapat melihatnya secara kasat mata tanpa harus menggunakan bantuan alat apapun.

·      Paruh

Kemudian anda juga perlu memperhatikan bagian paruh pada burung merpati, semakin kecil paruh burung merpati maka semakin lincah pula performa dari burung merpati tersebut. namun dengan memiliki paruh kecil tidak serta merta menjadikan burung merpati tersebut berkualitas, karena paruh kecil yang disini yang dimaksud adalah paruh yang seimbang dan ideal. Semakin kecil paruhnya dengan jarak antara kepala dan ujung paruh tidak terlalu lebar maka semakin berkualitas burung merpati tersebut.

Demikianlah beberapa ciri burung merpati yang cukup mencolok yang bisa dijadikan sebagai acuan apakah burung merpati tersebut berkualitas atau tidak ketika anda akan membelinya.