Ciri Ciri Burung Bangau Yang Berbeda dari Burung Spesies Lain

0 Comments

Burung bangau merupakan salah satu burung yang memiliki ukuran tubuh dan sayap yang besar. Lebar sayap burung bangau bahkan bisa mencapai 3.2 m. Sayap yang lebar memudahkan burung bangau saat melakukan migrasi. Mengapa burung bangau melakukan migrasi? Burung bangau merupakan salah satu burung yang memiliki ciri tidak tahan terhadap suhu udara rendah. Sehingga, mereka akan cenderung mencari tempat yang memiliki iklim lebih hangat untuk tinggal. Oleh karena itu, mereka melakukan migrasi saat musim dingin ke belahan dunia lain yang memiliki iklim lebih hangat. Ciri burung bangau yang lain adalah burung yang melakukan monogami. Burung bangau dikenal sebagai salah satu burung yang setia pada pasangannya.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa burung bangau melakukan migrasi. Saat terbang, burung bangau memiliki cara yang berbeda daripada burung lainnya. Salah satunya adalah burung bangau akan mengarahkan kepalanya ke arah depan. Sementara itu, bagian kaki burung bangau akan didorong ke belakang sehingga mereka bisa melakukan terbang dengan baik dan cepat. Selain itu, burung bangau juga memiliki kebiasaan terbang melintasi lautan yang dekat dengan daratan. Hal ini dilakukan agar burung bangau dapat beristirahat sejenak saat melakukan migrasi. Burung bangau juga memiliki perilaku khusus yaitu sering berdiri dengan satu kaki. Hal ini agar kaki burung bangau dapat beristirahat.

Burung bangau juga memiliki ciri dilihat dari penampilan fisiknya. Salah satunya adalah warna putih yang mendominasi dan terkadang diselingi dengan warna hitam. Selain itu, paruh burung bangau juga memiliki ukuran yang besar dan tebal. Hal ini dilakukan untuk menunjang perburuan burung bangau saat akan mengambil mangsanya seperti ikan kecil, katak, serangga, cacing, dll. Burung bangau juga memiliki ciri yaitu bulu yang dilapisi lilin. Hal ini dikarenakan untuk mencegah bulu burung bangau menjadi basah saat terkena air. Selain itu, kaki burung bangau juga memiliki ukuran yang panjang dan berselaput. Hal ini dapat membantu burung bangau saat berjalan di air ataupun tanah yang berlumpur.