Cincin Tunangan Di Jari Mana?

0 Comments

Tunangan merupakan salah satu acara yang biasanya dilangsungkan sebelum melakukan pernikahan. Pasangan biasanya melakukan pertemuan kedua keluarga untuk saling mengenal dan juga menunjukkan komitmen yang serius dalam hubungan dengan cara melakukan pertunangan ini. Salah satu acara yang ada pada tunangan yaitu melakukan prosesi tukar cincin. Namun sebenarnya di mana cincin tunangan itu diletakkan?

Ada banyak orang percaya bahwa peletakan cincin tunangan ini berkaitan erat dengan sejarah dan juga tradisi. Pada tradisi Romawi kuno mereka percaya bahwa penggunaan simbol cinta dan juga kesetiaan ini diletakkan pada jari manis. Karena orang Romawi kuno percaya bahwa pembuluh darah yang menuju langsung ke jantung yaitu berada di jari manis. Pembuluh darah tersebut dikenal dengan nama Vena Amorist atau “Vein of Love”. Banyak orang yang meletakkan cincin tunangan ini pada jari manis tangan kiri. Namun ada juga yang meletakkannya pada tangan kanan. Tradisi pemakaian cincin tunangan pada beberapa negara cukup populer seperti Yunani, Kolombia, dan Rusia. Namun jika Anda mengenakan cincin tunangan pada jari manis tangan kiri belum tentu Anda mengikuti budaya tersebut. Ini bisa juga kembali kepada referensi pribadi Anda masing-masing.

Ada juga beberapa orang yang menggunakan cincin tunangan ini sekaligus sebagai cincin menikah. Dengan kata lain ketika sudah menikah cincin tunangan tersebut akan dipindahkan ke jari cincin pernikahan. Yaitu tepatnya pada bagian jari manis tangan kanan. Namun ada juga orang yang memiliki cincin yang berbeda untuk cincin pernikahan dan juga cincin tunangan. Ada beberapa tradisi yang menempatkan cincin pernikahan berada di atas cincin tunangan. Hal tersebut berlaku di mana saja jari tangan Anda. Pada satu jari tangan maka akan terdapat dua cincin sekaligus yaitu cincin tunangan dan cincin pernikahan.

Yang paling penting disini tentu makna dari cincin tersebut. Cincin merupakan salah satu tanda sudah terjalin ikatan antara dua orang kekasih. Dengan begitu di manapun letaknya hal tersebut juga tergantung dengan kepercayaan masing-masing. Yang terpenting adalah menjaga ikatan tersebut.