Cepat Berbuah, Yuk Pelajari Cara Merawat Pohon Nanas yang Tepat

0 Comments

Siapa yang tidak kenal dengan nanas. Buah berwarna kuning ini sudah cukup familiar di kalangan masyarakat. Namun, berbeda dengan kebanyakan buah lainĀ  yang memiliki pohon menjulang tinggi, pohon nanas memiliki ukuran yang pendek dengan daun yang banyak duri. Selain itu, tanaman nanas juga bisa diperbanyak dengan cara vegetatif. Bagi anda yang berniat menanamnya, berikut ini cara merawat tanaman nanas agar cepat berbuah.

Tips Merawat Tanaman Nanas Agar Cepat Berbuah

  1. Memilih Induk Tanaman

Jika anda ingin menanam nanas, maka anda bisa melakukannya dengan mengambil tunas batang pada pohon sebelumnya, kemudian ditanam lagi. Untuk mendapatkan tanaman terbaik, maka anda harus memilih induk dengan kualitas yang baik dan sehat. Dengan begitu, tanaman nanas yang ditanam akan cepat berbuah.

  1. Memilih Lahan yang Tepat

Selain memilih induk tanaman, anda juga harus menentukan lokasi yang tepat untuk menanamnya. Sebaiknya pengolahan tanah dilakukan sebulan sebelum musim hujan, sehingga memasuki musim hujan tanaman mendapatkan air yang cukup. Dengan begitu, anda juga bisa menghemat energi untuk penyiraman tanaman ini. Selain itu, pastian juga bahwa lahan yang digunakan tidak ditanami gulma seperti rumput atau lumut.

  1. Menjaga Kadar Asam Tanah

Faktor yang mempengaruhi keberhasilan budidaya nanas juga tergantung dari kondisi tanah. Pohon nanas dapat tumbuh dengan baik saat berada di tanah dengan pH 5 hingga 6. Jika anda mendapati tanah yang digunakan terlalu asam, sebaiknya lakukan penanganan dengan menambahkan kapur dolomite. Hal ini bertujuan untuk menaikkan pH tanah. Pada saat penanaman nanas, sebaiknya beri jarak tanaman satu dengan yang lainnya.

  1. Penyulaman dan Penyiangan

Setelah beberapa waktu ditanam, ada kemungkinan tanaman nanas ada yang mati atau tumbuh tidak sempurna. Anda bisa melakukan penyulaman untuk mengganti bibit tersebut, saat memasuki usia 1 hingga 2 bulan. Selain itu, lakukan penyiangan agar tanaman terbebas dari gulma yang mengganggu. Pada saat yang sama, anda juga bisa melakukan pembumbunan untuk memperbaiki kondisi tanah, sehingga tanaman menjadi kokoh.

  1. Pemupukan dan Penyiraman

Nanas tidak bisa tumbuh di iklim yang kering, sehingga anda harus menyiraminya secara rutin jika ingin cepat berbuah. Anda bisa menyirami setiap minggu sekali atau beberapa hari sekali. Selain itu, lakukan pemupukan saat tanaman sudah memasuki usia 2 hingga 3 bulan. Selanjutnya lakukan pemupukan setiap tiga bulan sekali agar pohon nanas cepat berbuah. Nanas baru bisa dipanen ketika sudah berusia 1 hingga 2 tahun.

Perawatan nanas memang harus dilakukan dengan telaten. Apalagi tanaman ini membutuhkan air yang cukup untuk mendukung pertumbuhannya. Selain itu, pemberian pupuk untuk penambahan unsur hara juga penting dilakukan. Tanaman nanas yang sudah bisa dipanen memiliki ciri ciri yaitu mahkota buah yang terbuka, tangkai yang mengkerut dan warna yang mulai menguning.