Cara Pemasangan AC Sendiri Di Rumah yang Baik dan Benar

0 Comments

Indonesia sebagai sebuah negara dengan iklim tropis tentu memiliki suhu ruangan yang tinggi. Untuk itu, diperlukan sebuah AC yang mumpuni agar suhu bisa terkontrol dengan baik. Kamu bisa membeli AC di toko elektronik terdekat. Namun, pastikan kamu mengetahui cara pemasangan AC yang baik dan benar.

Memasang AC pada dasarnya tidaklah terlalu sulit. Kamu hanya perlu mengikuti panduan yang biasanya juga terdapat pada buku petunjuk di paket penjualan dari AC yang kamu beli tersebut. Jika kamu masih awam dan belum pernah memasang AC, jangan khawatir. Kamu bisa mengikuti panduan singkat mengenai cara pemasangan AC melalui artikel ini.

Cara mudah memasang AC yang baik dan benar

Sebelum mulai mempelajari mengenai cara pemasangan AC, sebaiknya cek terlebih dahulu perlengkapan yang kamu miliki. Tujuannya adalah agar ketika proses pemasangan, tidak terjadi hambatan yang berarti. Selain itu, kamu juga harus memastikan bahwa dinding dari ruangan tersebut cukup kokoh untuk dipasangi perangkat AC.

Tentukan letak pemasangan AC terlebih dahulu

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan memilih di mana AC tersebut diletakan. Hal tersebut penting dilakukan agar kamu bisa merasa nyaman setelah AC tersebut dipasang. Tentunya kamu juga harus memperhatikan seberapa estetika dari letak AC tersebut. Lokasi yang harus kamu letakan ada dua bagian, yaitu di luar ruangan dan di dalam ruangan. Hal tersebut karena AC memiliki 2 komponen yang saling berkaitan. Selain itu, jarak komponen luar dan dalam juga jangan terlalu jauh, menyesuaikan panjang pipa AC yang disarankan saja.

Pasang unit AC di dalam ruangan

Tahap selanjutnya adalah kamu harus memasang unit yang berada di dalam ruangan. Pertama, pasanglah terlebih dahulu braket dari AC indoor tersebut. Alat yang diperlukan adalah bor listrik, obeng, dan sekrup. Pastikan bahwa braket sudah bisa terpasang dengan sempurna.

Setelah bracket AC terpasang, kamu harus melubangi bagian sisi dari dinding. Lubang ini diperlukan sebagai jalur pipa AC menuju unit yang berada di luar ruangan. Metode pelubangan dinding ini tentu harus memperhatikan apakah sudah sesuai dengan AC atau belum. Nantinya pipa ini akan mengalirkan air menuju luar ruangan. Kamu bisa melubanginya menggunakan kombinasi dari bor listrik, atau dengan membobolnya menggunakan palu dan kikir.

Selain jalur pipa, perhatikan juga jalur daya listrik. Tentunya baik unit yang berada di dalam dan di luar tetap menggunakan listrik sebagai sumber daya. Buatlah jalur kabel yang rapi sehingga rumah kamu tetap terjaga estetikanya.

Pemasangan unit AC di luar ruangan

Selain pada bagian dalam, kamu juga harus memperhatikan unit AC yang berada di luar ruangan. Tentunya peletakan unit yang berada di luar harus memperhatikan seberapa panjang pipa AC. Pemasangan unit AC di luar ini menggunakan jenis bracket yang berbeda. Nantinya bracket AC ini akan menopang dengan sempurna sehingga tidak akan mudah lepas.

Proses pemasangan braket menggunakan bor listrik, sekrup, dan kunci pas. Tentunya lokasi braket harus sesuai dengan jalur pipa dan harus pas dengan unit AC yang berada di luar ruangan. Beda merk AC memungkinkan perbedaan juga pada penggunaan sekrup. Untuk itu, sesuaikan saja apakah harus menggunakan kunci pas, kunci L, atau obeng biasa.

Sambungkan unit indoor dan outdoor

Langkah selanjutnya yang wajib kamu lakukan adalah menyambungkan unit yang berada di luar dan yang ada di dalam ruangan. Kamu perlu menyambungkan jalur pipa untuk tempat mengalirnya air. Selain itu, kamu juga harus mengukur apakah pipa tersebut pas atau belum. Jika terlalu panjang, kamu harus memotongnya agar sirkulasi bisa berjalan dengan sempurna.

Selain pipa AC, kamu juga harus memperhatikan jalur kabel. Baik unit indoor maupun outdoor tetap harus menggunakan listrik sebagai sumber daya. Untuk itu, kamu bisa memperhatikan letak stop kontak. Buatlah jalur kabel yang rapi sehingga tidak terlihat semrawut.

Cek akhir seluruh komponen

Setelah semua sudah terpasang, langkah selanjutnya adalah mengecek apakah seluruh jalur pipa dan kabel sudah berfungsi dengan baik. Caranya, kamu hanya perlu memeriksa apakah ada kebocoran pada sambungan pipa AC dan pipa pembuangan air. Hal tersebut perlu dilakukan sebelum mulai merapikan seluruh komponen agar pekerjaan pemasangan ini menjadi lebih efisien. Apabila semua sudah aman, selanjutnya kamu harus mengencangkan seluruh jalur pipia dan jalur kabel. Kamu bisa menggunakan berbagai macam jenis tape dan usahakan dibuat rapi.

Jika kalian sudah sampai pada tahap ini, artinya kamu sudah selesai merakit seluruh komponen dengan sempurna. Tentunya kamu harus memastikan apakah AC tersebut sudah bisa berfungsi dengan baik atau belum. Pastikan bahwa proses pemasangan ini sudah sesuai dengan prosedur yang berlaku.

Demikianlah artikel singkat, padat, dan jelas mengenai cara pemasangan AC sendiri di rumah yang kami dapatkan informasinya dari website Service ac jogja. Semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu kamu dalam memasang AC sendiri tanpa bantuan jasa tukang. Pastikan bahwa seluruh tahapan pada artikel ini sudah kamu perhatikan dengan baik dan benar sehingga tidak akan terjadi kendala pada saat pemasangan.