5 Cara Meredupkan Layar Komputer Dan Laptop Tanpa Ribet

0 Comments

Tak jarang beberapa orang akan lebih nyaman jika menggunakan layar komputer yang tak terlalu terang. Ada pula yang akan lebih nyaman menggunakan layar yang sedikit lebih redup. Selain karena kebiasaan pengguna, kecerahan layar juga dipengaruhi oleh cahaya dalam sebuah ruangan. Lantas, bagaimana cara untuk mengatur kecerahan pada layar? Ada beberapa cara meredupkan layar komputer maupun laptop. Selengkapnya, simak ulasan berikut.

Langkah Mudah Untuk Atur Kecerahan Pada Komputer atau Laptop

  • Dengan Klik Kanan Pada Mouse

Cara yang pertama untuk mengatur kecerahan pada layar komputer adalah dengan memanfaatkan klik kanan pada mouse. Hanya saja untuk cara ini tidak semua windows bisa untuk digunakan. Namun tidak ada salahnya untuk mencoba, mengingat cara satu ini merupakan langkah yang mudah dan tidak ribet. Dalam beberapa detik saja sudah bisa masuk pada pengaturan yang bisa anda sesuaikan kecerahan layarnya dengan kenyamanan anda.

Langkah awal yang harus anda lakukan adalah dengan membuka halaman awal komputer atau laptop. Peletakkan kursor pastikan berada di halaman utama dari windows tersebut. Jika sudah, langsung saja klik kanan pada mouse anda. Klik kanan buka kiri, maka akan muncul kota dialog dengan beragam pilihan. Silahkan anda pilih menu display settings yang biasanya berada di urutan nomer 2 dari bawah, setelah menu personalize.

Begitu anda klik, pada cara meredupkan layar komputer atau laptop ini anda akan masuk pada jendela yang berisi pengaturan. Pengaturan ini berisi beragam pilihan mulai dari scale anda layout, resolution, night light dan termasuk juga pengaturan kecerahan. Untuk mengatur kecerahan silahkan pilih ‘Brightness dan Color’ dan dilanjutkan pada Change Brightness. Anda hanya perlu mengarahkan garis pada bar yang tersedia ke kiri dan ke kanan.

Anda bisa menggeser dan mengaturnya sesuai dengan selera dan kebutuhan anda. Jika dirasa sudah pas, anda tidak perlu menyimpannya. Langsung saja close menu brightnessnya. Maka kecerahan layar yang anda inginkan sudah tersimpan secara otomatis. Cara satu ini terbilang sebagai cara yang paling mudah dan simple. Namun jika ternyata cara ini tidak berhasil pada komputer atau laptop anda, masih ada beberapa cara lainnya.

  • Memanfaatkan Personalize

Apakah sebelumnya anda pernah mengganti tampilan wallpaper pada laptop atau komputer anda? Jika pernah, maka dengan cara yang sama anda juga bisa mengatur kecerahan pada layar komputer anda. Untuk memanfaatkan personlize sebagai cara meredupkan layar komputer sangatlah mudah. Anda hanya perlu menuju halaman awal windows anda. Jika sudah anda bisa langsung klik kanan pada mouse yang anda gunakan.

Akan muncul menu atau opsi yang bisa anda pilih, langsung saja klik pada bagian personalize. Jika anda sudah masuk ke menu personalize maka anda bisa langsung memilih menu display. Umumnya menu display ini berada di bagian bawah pojok kiri dan dekat dengan See Also. Apabila sudah menemukannya, anda bisa langsung mengatur tingkat kecerahan pada layar dan hanya perlu klik adjust Brightness yang anda atur sesuai kebutuhan anda.

  • Klik Fn dan Simbol Kecerahan Pada Keybord

Cara mudah selanjutnya yang bisa anda gunakan untuk mencerahkan maupun meredupkan layar komputer maupun laptop, adalah dengan memanfaatkan Fn dan juga simbol kecerahan pada keyboard. Masing masing merek komputer atau laptop memiliki letak simbol kecerahan yang berbeda. Ada yang di bagian atas pada menu f1 atau F2. Ada juga yang berada di bawah dengan tanda kanan maupun kiri di keyboard.

Di manapun letaknya, anda hanya perlu menekan Fn dan tombol tersebut. Pengaturan brightness di keyboard biasanya disimbolkan dengan bentuk matahari. Anda hanya perlu menekan beberapa kali hingga kecerahan atau keredupan layar sesuai dengan yang anda inginkan. Perlu anda ingat, jika tidak semua keybord mendukung penggunaan simbol brightness ini untuk Cara Meredupkan Layar Komputer atau mencerahkan.

  • Memanfaatkan Slider pada Windows

Penggunaan slider juga bisa dimanfaatkan untuk pengaturan layar komputer atau laptop anda. Pengguna windows 7 atau windows 10, penggunaan slider ini tak jauh berbeda. Anda hanya perlu mengklik bagian baterai yang sedang baik yang sedang di charger atau tidak. Penggunaan slider ini merupakan cara yang sangat sederhana dan sangat mudah. Sangat cocok untuk anda yang tidak menyukai cara cara yang ribet untuk mengaturnya.

Jika anda sudah mengklik simbol baterai, selanjutnya anda akan ditampilkan pada sebuah menu. Ada tanda seperti matahari dengan jumlah presentase berapa persen kecerahannya. Langsung klik saja bagian tersebut dan anda bisa mengatur kecerahannya. Tak perlu melakukan hal lain, hanya klik beberapa kali hingga mendapatkan presentase yang anda inginkan. Tampilan Windows 10 mungkin memang lebih sederhana.

Sementara untuk tampilan window 7, anda masih harus menyetelnya adjust screen brightness. Kemudian akan muncul bar yang bisa anda gerakkan ke kiri dan ke kanan sesuai dengan kebutuhan anda. Memanfaatkan slider ini memang sangat simple, tak perlu memasuki menu khusus. Hanya perlu klik klik atau menggeser maka kecerahan layarnya bisa disesuaikan. Berhasil menggunakan Cara Meredupkan Layar Komputer satu ini?

  • Menggunakan Kombinasi Simbol Windows + X

Mencerahkan atau meredupkan layar komputer atau laptop anda juga bisa dilakukan dengan kombinasi keyboard. Cara ini bisa dikatakan sebagai cara mudah lainnya, karena anda tidak perlu banyak menekan klik pada menu atau opsi yang muncul. Pengaturan kecerahan dengan cara ini bisa dilakukan pada semua Windows. Anda bisa langsung menekan simbol Windows dan juga huruf X pada keyboard anda.

Jika sudah muncul silahkan arahkan mouse anda pada ‘Mobility Center’ atau ada juga yang menggunakan ‘Windows Mobility Center’. Umumnya berada di urutan atas pada pilihan nomer dua dari atas, jika sudah ketemu silahkan langsung klik. Silahkan langsung geser bar pada bagian ‘Display Brightness’. Cara Meredupkan Layar Komputer Anda hanya perlu menggeser ke kanan atau ke kiri sesuai dengan kebutuhan.

Beberapa langkah untuk mengatur kecerahan pada layar ini bisa anda praktekkan. Anda bisa memilih langkah yang paling mudah dan tidak ribet. Menu menu ini juga tidak sulit untuk anda temukan bahkan mungkin cukup familiar bagi anda. Selain memilih yang paling mudah untuk anda, anda juga harus menyesuaikan dengan Windowsnya. Sebab terkadang ada updetan cara yang tidak bisa digunakan pada windows tertentu.