Cara Menyembuhkan Sariawan di Bibir tanpa Pakai Obat

0 Comments

 

 

Sebelum menggunakan obat, lebih baik Anda gunakan bahan alami terlebih dahulu untuk mengatasi seriawan. Beberapa bahan yang tersedia di rumah justru bisa menyembuhkan seriawan secara alami.

Cara Menyembuhkan Sariawan di Bibir

Berikut ini bahan alami yang bisa Anda gunakan untuk membantu menyembuhkan seriawan, antara lain:

  • Garam

Garam akan membantu proses pengeringan luka pada seriawan sehingga penyembuhan akan lebih cepat. Caranya, gunakan air garam sebagai obat kumur dan lakukan tiga kali sehari.

  • Kayu Manis

Kayu manis memiliki sifat anti jamur dan parasit sehingga bisa dijadikan sebagai obat kumur. Caranya yaitu dengan merebus atau merendam sepotong kayu manis dengan satu setengah cangkir air panas selama 5 menit.

  • Yogurt

Bahkan, mengkonsumsi atau mengoleskan yogurt yang nikmat juga bisa menyembuhkan seriawan lho. Hal ini karena yogurt mengandung probiotik alami yang membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah pertumbuhan bakteri/jamur. Tetapi, pilihlah yogurt asli yang tanpa gula atau pemanis buatan lainnya.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan minyak kelapa, irisan bawang putih, kompres es batu ataupun kantong teh. Cara-cara alami di atas bisa Anda coba untuk menangani seriawan di bibir.