Begini Cara Menghapus Akun Gmail Dari HP dan PC

0 Comments

Keberadaan akun Gmail memang bisa sangat membantu berbagai macam aktivitas dan kebutuhan di berbagai macam bidang kehidupan. Mulai dari bidang pendidikan, bisnis, perdagangan dan lain sebagainya pasti menggunakan Gmail dan layanan Google lainnya untuk mempermudah aktivitas mereka. Namun, beberapa orang memilih untuk menghapus akun Gmail milik mereka untuk beberapa alasan.

Menghapus akun Gmail sebenarnya semudah membuat atau mendaftar akun Gmail itu sendiri. Namun, ternyata masih banyak juga yang belum tahu bahwa akun Gmail bisa dihapus atau belum tahu cara menghapusnya. Sebenarnya, menghapus akun Gmail akan sangat disayangkan karena fungsinya banyak sekali. Namun, jika Anda punya lebih dari satu akun, maka bisa saja menghapus salah satu yang tidak terpakai.

Cara Menghapus Akun Gmail dari HP

Untuk menghapusnya, Anda bisa menggunakan perangkat HP atau smartphone maupun komputer/PC. Cara yang pertama yaitu menggunakan HP, namun cara ini tidak permanent dan Anda masih bisa mengembalikan akun Gmail Anda. Perlu diketahui bahwa akun Gmail sangat dibutuhkan pada perangkat smartphone. Jika tidak, maka Anda tidak bisa menggunakan layanan Play Store dan lain sebagainya.

Tak hanya itu, berbagai macam media sosial atau media maya lainnya juga membutuhkan akun Gmail untuk masuk/login dan menggunakannya. Jadi, pastikan Anda memiliki akun Gmail yang lain untuk dihubungkan dengan smartphone agar bisa menggunakan layanan Google lainnya. Untuk menghapus akun Gmail, berikut ini langkah-langkah yang perlu dilakukan, antara lain:

  1. Masuk ke menu Pengaturan atau Setelan di HP Android Anda
  2. Pilih menu sinkronisasi atau sinkron, biasanya posisi menu ini berbeda di tiap merek smartphone
  3. Pada menu sinkron, silahkan klik pilihan Google, maka akan muncul daftar email Google yang telah sinkron dengan HP Anda
  4. Selanjutnya, pilih dan klik salah satu yang ingin dihapus
  5. Lalu scroll ke bawah dan klik pilihan Lainnya, lalu klik Hapus Akun

Setelah selesai, maka akun Gmail tersebut sudah terhapus dari daftar sinkron di HP Android Anda. Kenapa cara ini dikatakan tidak permanent? Hal ini karena akun tersebut hanya dihapus dari sinkronisasi pada HP Android Anda, bukan menghapus akun Gmail secara permanent. Dengan kata lain, Anda masih bisa menggunakan akun tersebut menggunakan browser.

Menggunakan lebih dari satu akun Gmail di perangkat Android memang tidak disarankan, namun bisa dilakukan. Hal ini tidak disarankan karena bisa menimbulkan kebingungan di saat-saat tertentu. Terutama, jika Anda tidak terlalu paham tentang bagaimana mengganti sinkronisasi antara akun Gmail satu dengan yang lainnya.

Cara Menghapus Akun Gmail dari PC

Nah, untuk cara yang satu ini bisa dilakukan untuk menghapus akun Gmail secara permanent, yaitu menggunakan perangkat komputer/PC. Seseorang yang ingin menghapus akun Gmail pasti memiliki alasan tersendiri misalnya terlalu banyak akun atau ingin menghapus jejak aktivitas penggunanya. Namun, setiap orang setidaknya perlu memiliki satu akun Gmail untuk bisa mengakses berbagai media di dunia maya.

Langsung saja, berikut ini langkah-langkah untuk menghapus akun Gmail dari PC atau komputer, antara lain:

  1. Buka browser Anda lalu masuk ke Gmail
  2. Ketikkan alamat email atau nomor telepon Anda, lalu klik Berikutnya
  3. Ketikkan password atau sandi Gmail Anda, lalu klik Berikutnya
  4. Setelah masuk/login, silahkan klik menu profil email Gmail Anda yang posisinya ada di kanan atas
  5. Setelah itu, pilih dan klik tombol Google Account
  6. Selanjutnya, Anda bisa klik pilihan Delete Your Account or Services untuk melakukan langkah penghapusan akun Gmail
  7. Kemudian, klik pilihan Delete Google Account and Data
  8. Setelah itu, akan muncul verifikasi yang meminta Anda untuk mengisi password Gmail untuk memastikan ini benar-benar pemilik akun
  9. Setelah memasukkan password, klik Next
  10. Lalu akan muncul konfirmasi ulang silahkan dibaca lalu scroll ke bawah, centang kolom pertanyaan dan klik tombol Delete Account

Nah, setelah selesai maka akun Gmail akan sudah berhasil dihapus secara permanent dan tidak bisa digunakan kembali. Sebelum melakukan cara menghapus akun Gmail ini, sebaiknya Anda pertimbangkan terlebih dahulu karena akun Gmail bisa sangat bermanfaat. Namun, pilihan atau keputusan akhir ada di tangan Anda.

Itulah step by step atau langkah yang bisa dilakukan untuk menghapus akun Gmail melalui HP Android dan PC/Komputer. Selain itu, Anda juga bisa mengunjungi situs Berakal.com untuk mendapatkan informasi lengkap seputar teknologi. Semoga informasinya bisa bermanfaat.