Hasilkan Foto Berkualitas, Yuk Simak Cara Mengganti Background Foto dengan Microsoft Word

0 Comments

Dokumen formal harus dilengkapi oleh beberapa persyarat pendukung, salah satunya foto. Anda dapat foto formal di studio foto agar hasil foto lebih bagus dan cetakannya berkualitas tinggi. Warna latar yang dibutuhkan cukup bervariasi, sehingga anda perlu beberapa soft file dengan warna yang berbeda beda. Cara mengganti background foto dengan Microsoft word ini jadi solusi tepat agar anda memiliki beberapa soft file berbeda beda. Yuk cek di bawah ini!

Cara Mengubah Warna Latar Foto di Ms Word

Pixabay.com

Pertama, anda hanya perlu menyiapkan soft file foto yang akan diedit. Pastikan anda telah memiliki foto formal dengan background yang mudah diubah. Simpanlah foto yang telah anda siapkan di dalam memori penyimpanan laptop atau computer. Anda dapat berfoto dengan beberapa cara mudah, yaitu foto di studio foto agar hasilnya lebih baik dan foto pakai kamera ponsel bila memang berada di waktu yang mendesak.

Untuk mengedit warna latar, anda dapat memanfaatkan software ms word agar lebih mudah dipakai. Program bawaan dari laptop ini mudah dioperasikan, sehingga cocok untuk anda yang masih pemula. Caranya cukup masukkan foto melalui tab insert dan pilihlah foto yang diinginkan. Posisikan foto dengan tepat agar proses editing lebih mudah dengan cara memilih tap format. Pilihlah posisi gambar di depan tulisan dengan pilih opsi Bring Forward.

Kedua, hapuslah warna latar agar dapat disesuaikan dengan kebutuhan anda. Pada cara kedua ini, anda dapat memilih tab Format untuk menghapus warna latar pada opsi Remove Background. Setelah proses ini, warna yang otomatis muncul dari word ialah magenta tetapi warna latar dapat anda ubah sesuai kebutuhan. Warna latar ini muncul secara otomatis agar dapat mendeteksi latar belakang suatu gambar yang diberikan oleh Microsoft.

Program word belum memiliki kemampuan untuk mendeteksi latar belakang secara akurat. Oleh sebab itu, anda harus memastikan titik background yang akan dihapus telah ditutupi oleh warna magenta. Pastikan titik warna latar yang akan dihapus telah akurat agar warna yang akan diganti telah sesuai dengan kebutuhan atau keinginan. Fitur yang telah diberikan ini sebagai cara mengganti background foto dengan Microsoft word yang cukup mudah.

Ketiga, anda harus merapikan area yang akan dihapus dengan memanfaatkan tools dari tab Background Removal. Background foto yang akan dihapus dapat ditandai secara manual agar warna magenta menyeluruh di semua bagian. Gunakan tool Marks Areas to Keep dan Marks Areas to Remove untuk membantu aktivitas yang anda lakukan. Keduanya memiliki fungsi yang hampir sama, yaitu menjaga bagian tertentu agar tidak dan terhapus dan begitu sebaliknya.

Tools Marks Area to Keep dapat anda gunakan untuk menyorot area yang ingin disimpan. Pointer akan muncul untuk menyeleksi beberapa bagian agar tidak terhapus nantinya. Bila ingin menghapus, anda bisa memakai tools Marks Area to Remove di bagian tertentu. Bagian yang ingin dihapus akan berwarna magenta, seperti bagian lain yang telah diwarnai otomatis oleh Microsoft. Pastikan selalu mencoba fungsi pointer dengan mengelik di luar gambar.

Setelah selesai menandai gambar, anda bisa menekan tombol Keep Changes di tab yang sama. Proses ini dapat anda akhiri dengan menekan perubahan yang telah dilakukan. Foto yang telah diseleksi, warna latar dapat dihapus dan menjadi background kosong. Setelah itu, anda bisa melanjutkan untuk proses selanjutnya, yaitu mengubah foto dengan warna latar baru. Warna latar yang dipilih dapat anda sesuaikan dengan kebutuhan pengguna.

Keempat, dapat dilanjutkan dengan cara mengganti background foto dengan Microsoft word. Proses ini bisa memanfaatkan insert shape untuk membuat background baru melalui ms word. Anda dapat menambahkan shape rectangle dan masukkan ke dalam foto yang sudah diedit. Setelah itu, anda bisa memilih warna yang sesuai untuk bentuk kotak tersebut. Satukan kotak dengan foto hingga jadi satu kesatuan foto yang sesuai dan simpan dalam format JPG.

Cara Menyimpan dengan Format JPG melalui Word

Pixabay.com

Program satu ini memang disediakan khusus untuk membuat dokumen atau teks, sehingga format penyimpananya pun hanya didukung untuk teks. Oleh sebab itu, beberapa pengguna belum tahu cara yang tepat untuk menyimpan foto dalam format JPG. Format ini bisa anda peroleh dengan suatu trik khusus yang dipaparkan khusus untuk anda. Foto yang telah anda edit melalui ms word dapat disimpan dengan format yang sesuai dan kapasitas yang besar.

Caranya cukup mudah, pertama pastikan kedua bentuk, foto dan background telah menjadi satu kesatuan. Arahkan krusor ke shape latar foto sambil menekan Ctrl pada keyboard. Anda dapat mengarahkan krusor hingga berubah menjadi ikon (+), lalu klik kanan pada track pad atau mouse dan pilihlah opsi Group. Opsi ini berfungsi untuk menggabungkan kedua bentuk tersebut agar dapat diubah atau dipindah dalam bentuk satu kesatuan yang utuh.

Setelah kedua bentuk digabungkan, anda harus menekan Ctrl + X secara bersamaan untuk fitur cut. Gambar yang telah diedit akan hilang, tetapi anda akan memunculkannya lagi di lembar yang sama. Klik kanan pada track pad dan pilihlah opsi Paste Picture atau klik opsi Paste yang ada di pojok kiri atas lembar kerja anda. Proses ini akan memunculkan gambar dengan bentuk satu kesatuan yang telah menyatu karena telah dibuat group.

Tahap akhir untuk menyimpan foto ini dalam format JPG telah dapat anda lakukan. Anda cukup klik kanan dan pilih opsi Save as Picture. Akan muncul kotak dialog, sehingga anda harus memilih format gambar yang diinginkan, yaitu JPG atau PNG. Keduanya dapat anda sesuaikan dengan kebutuhan. Setelah memilih format, anda dapat mengakhiri proses dari cara mengganti background foto dengan Microsoft word ini dengan klik save.

Untuk beberapa kebutuhan, anda memerlukan foto sebagai dokumen pendukung. Foto yang diminta tentu dengan pose formal yang disertai warna background tertentu. Beberapa kebutuhan mengharuskan berwarna merah atau biru, sehingga laman Charis memberikan cara mudah untuk mengubah warna latar foto melalui ms word. Terdapat empat tahapan yang dapat anda praktikkan untuk hasil foto yang sangat bagus, tidak kalah dengan hasil edit studio foto.