Cara Mengatasi Maag pada Ibu Hamil dengan Mudah

0 Comments

Perubahan hormon dan rahim yang membesar karena pertumbuhan janin bisa menyebabkan ibu hamil terserang sakit mag. Gejalanya meliputi perut kembung, mual, muntah, sensasi terbakar pada dada, sering sendawa dan mulut terasa asam. Jangan khawatir karena ada beberapa cara mengatasi maag pada ibu hamil yang bisa dicoba.

Cara Mengatasi Sakit Mag pada Ibu Hamil secara Aman

Sakit mag bisa diatasi dengan melakukan kebiasaan pola hidup sehat, bisa juga dibantu dengan konsumsi obat herbal maupun obat dari dokter. Berikut ini penjelasan dari ketiganya.

  • Pola Hidup Sehat

Pilih makanan kaya serat, makanlah dengan porsi kecil tetapi sering, atur posisi tidur/duduk, hindari merokok ataupun perokok, dan lain-lain. Selain itu, Anda juga perlu menghindari makanan yang mengandung ragi serta minuman kafein dan berkarbonasi.

  • Obat Dokter

Jika diperlukan, Anda juga bisa mengonsumsi obat dokter, tetapi dengan syarat diminum sesuai resep yang dianjurkan. Obat yang biasa digunakan adalah antasida, amoxillin, omeprazole, ranitidine dan lain-lain.

  • Obat Herbal

Anda juga bisa minum minuman hangat, seperti teh atau rebusan tanaman herbal. Bahan alami yang bisa digunakan antara lain air kelapa, jahe, teh chamomile, dan lain sebagainya.

Demikian penjelasan tentang cara mengatasi maag pada ibu hamil dengan mudah dan sederhana. Dengan melakukan pola hidup sehat, Anda akan terhindar dari kondisi sakit saat hamil.