Cara Menata Dapur yang Sederhana, Kini Dapur Jadi Lebih Menarik

0 Comments

Anda kesulitan menata ruang dapur agar lebih indah? Anda dapat mengikuti cara menata dapur sederhana ini dan dapatkan dapur idaman yang telah lama didambakan.

Tidak hanya ruang tamu, dapur adalah inti dari sebuah rumah. Di dapur banyak aktivitas menyenangkan yang dapat dilakukan bersama keluarga. Namun bagaimana jika dapur tidak nyaman karena tidak ditata dengan baik? anda harus merubahnya dengan cara menata dapur yang sederhana. Karena yang sederhana tetap dapat memberikan yang terbaik dan dapur nampak lebih hidup.

Dalam mengatur dapur di rumah, hal pertama yang harus diperhatikan adalah furnitur yang ada didalamnya. Furnitur yang tersedia harus berhubungan antara konsep dan luas ruang. Selain furnitur, apa saja yang harus diperhatikan dalam cara penataan dapur? Ada banyak hal yang harus dipertimbangkan dan penjelasannya akan disampaikan di bagian berikutnya.

Mengapa Harus Sederhana?

Apakah harus memilih dapur yang sederhana di ruang yang luas? Anda dapat tetap memanfaatkannya, karena ada beberapa alasan mengapa dapur tersebut dijadikan pilihan,

  • Murah

Walaupun memiliki ruang yang luas, anda tetap dapat membangun dapur yang sederhana. Karena dana yang tidak mencukupi ataupun alasan lain. Pemilik dapur dapat membangun dapur dengan konsep minimalis sehingga biaya yang dikeluarkan tidak terlalu besar. Selain itu, peralatan yang dibutuhkan tidak terlalu banyak, sehingga pemilik tidak sulit untuk memikirkannya.

  • Hemat Ruang

Alasan lain membangun dapur sederhana adalah hemat ruang. Ruang pada bagian dapur dapat disesuaikan, kemudian ruang lain dapat digunakan untuk keperluan lain. Contohnya membangun taman ataupun kolam untuk memberikan sentuhan natural. Jadi, pemanfaatan ruang dapat dimaksimal sehingga rumah lebih nyaman untuk ditinggali.

  • Hemat Peralatan

Jika ruang yang dimiliki cukup besar, maka semakin banyak peralatan yang ingin dimiliki. Untuk menyiasati hal ini, sebaiknya buat ruang dapur yang sederhana. Tujuannya, agar tidak banyak peralatan yang dibeli dan akhirnya memenuhi ruangan dapur. Tapi jika memang budgetnya tersedia, tidak ada salahnya memenuhi dapur dengan peralatan memasak.

  • Media Penyimpanan

Terakhir, dapur yang tidak terlalu besar harus dipersiapkan secara maksimal. Karena pada dapur dibutuhkan ruang atau media penyimpanan bahan. Utamanya untuk anda yang memiliki bahan makanan dalam jumlah besar. Tidak perlu terlalu besar, selama semua bahan makanan dapat tersimpan dan terjaga dengan aman.

9 Cara Menata Dapur yang Sederhana

Sudah mengetahui beberapa alasan untuk memiliki dapur yang sederhana, kini waktunya memahami cara menata dapur yang sederhana tersebut. Adapun ulasannya, akan disampaikan dibawah ini,

  • Sesuaikan Ukuran Perabot

Pada bagian sebelumnya telah dijelaskan bahwa furnitur bagian utama dari dapur. Untuk dapur yang sederhana anda dapat menggunakan furnitur yang tidak terlalu besar. Agar tidak salah, ukur dahulu seluruh bagian yang akan diisikan dengan furnitur. Beberapa peralatan yang harus diperhatikan adalah lemari, kitchen set hingga sink yang akan digunakan.

  • Furnitur Malfungsi

Untuk mencegah peralatan dapur berserakan, anda harus pandai dalam memilih furnitur. Dalam kesempatan ini, pilihlah funitur dengan fungsi beragam. Contoh pilihlah lemari panjang yang dapat menyimpan oven. Tapi perhatikan pula warna yang dipilih, agar tidak bertentangan dengan konsep yang dibangun di dapur.

  • Lemari Hingga Langit-Langit

Dapur anda membutuhkan tempat peralatan yang luas? Anda dapat memilih penggunaan lemari hingga langit-langit. Penggunaan lemari hingga ke langit-langit dapat dijadikan pilihan walaupun membangun dapur sederhana. Karena nantinya peralatan dapur tidak akan berantakan di sisi-sisi dinding. Bila menggunakan cara ini, tidak akan dibutuhkan lemari kecil untuk peralatan.

  • Penyimpanan Semi Terbuka

Membuat ilusi adalah cara penataan dapur terbaik di rumah. Karena melalui cara ini akan membuat anda nyaman dan dapur nampak lebih hidup. Cara penerapannya adalah membuat sebuah penyimpanan semi terbuka. Anda dapat menerapkan laci geser di dinding untuk penyimpanan peralatan. Penggunaannya akan memberikan kesan luas pada ruangan.

  • Pemanfaatan Dinding

Untuk membangun dapur yang sederhana dengan banyak ruang dapat disiasati dengan pemanfaatan dinding. Anda dapat menambahkan rak-rak ukuran kecil pada setiap sisi dinding. Pada rak inilah dapat disimpan beberapa peralatan memasak. Umumnya, di bagian inilah peralatan memasak ukuran besar akan disimpan dan diambil saat diperlukan.

  • Keranjang Sampah

Dalam proses memasak terdapat sisa bahan makanan yang harus dibuang. Untuk menjaga kebersihan, sebaiknya bedakan jenis sampah yang akan dibuang. Untuk itu sediakan dua buah tempat sampah dengan ukuran besar, untuk bahan makanan dan plastik. Hal ini penting, untuk menjaga kebersihan dan kesehatan masakan terlebih kesehatan keluarga.

  • Gunakan Warna Cerah

Terakhir, gunakanlah cat berwarna cerah untuk dinding dapur. Pilihlah warna seperti putih, kuning, pink atau biru muda untuk memberikan kesan menyegarkan. Pemilihan warna-warna ini pun akan memberikan kesan ruangan yang lebih luas. Selain itu, pemilihan warna cerah dapat mempermudah dalam menentukan warna furnitur yang akan digunakan di dapur.

Sebelum selesai dengan penataan dapur, pastikan anda menyediakan peralatan kebersihan di dapur. Belum mengetahui peralatan yang dibutuhkan? Ulasannya tersedia dalam ceklist.id. Agar lebih mudah disarankan untuk menyediakannya secara bersamaan. Jadi, cara menata dapur yang sederhana dapat berjalan lancar dan kebersihan dapur tetap terjaga setelahnya.