Cara Menanam Hidroponik Dengan Botol Plastik Bekas

0 Comments

 

Penanaman hidroponik adalah salah satu metode penanaman yang sangat menghemat lahan. Penanaman dengan metode hidroponik dapat dilakukan dengan menempatkan botol berisi tanah pada dinding-dinding rumah yang mudah terpapar oleh sinar matahari. Ini merupakan cara yang efektif bagi anda yang tinggal di daerah perkotaan, serta tidak memiliki lahan luas namun rindu akan suasana tumbuhan.

Nah! Maka kali ini artikel akan membahas mengenai cara penanaman hidroponik dengan memanfaatkan benda-benda seperti halnya botol bekas. Anda dapat menggunakan botol plastik bekas jenis apapun, asalkan ukurannya agak besar sedikit dan mampu memuat sejumlah tanah. Bagaimana cara membuatnya? Yuk! Perhatikan langkah berikut ini!

1) Siapkan Bahan-Bahan yang Diperlukan

Media tanam model hidroponik sebenarnya salah satu cara yang digunakan sebagai bentuk penghematan lahan juga bentuk penghematan air. Anda dapat menggunakan sejumlah air yang cukup minim. Nah! untuk menggunakannya, silahkan anda persiapkan beberapa alat dan bahan yang diperlukan seperti halnya gunting, botol plastik 600 ml, batu bata, kain bekas dan spon.

2) Bagaimana Cara Membuatnya?

Cara membuatnya sangat mudah saja. Pertama, anda siapkan botol plastik bekas berukuran 600 ml kemudian belah tengah hingga menjadi dua bagian. Silakan anda lubangi salah satu sisinya untuk jalur lewat sumbu. Kemudian pada lubang tersebut silahkan anda masukan sumbu yang telah dipersiapkan dengan media kain bekas.

Anda dapat melakukan hal ini sekali lagi pada potongan botol yang satunya. Setelah itu silahkan masukan media sponsnya, serta bahan-bahan lain yang sudah dipersiapkan seperti halnya bata merah. And masukkan saja pad botol. Hal ini sebagai media tanam supaya tanaman anda nantinya dapat berdiri.

Setelah itu anda dapat menaburkan biji atau memasukan bibit ke dalam botol tersebut. Kemudian tambahkan cairan hidroponik. Anda dapat meletakan botol ini pada tempat yang tidak terkena hujan, akan tetapi cukup memperoleh asupan sinar matahari. Bagaimana? Mudah sekali bukan cara membuat tanaman hidroponik dengan media botol plastik bekas?