Cara Memperbesar Ukuran Foto dengan Aplikasi atau Tidak, Mana yang Anda Pilih?

0 Comments

Persyaratan dalam melamar pekerjaan biasanya menyulitkan. Namun dari semua syarat yang tersedia, syarat untuk memiliki foto dengan ukuran-ukuran tertentu. Saat ukuran foto yang dibutuhkan terlalu kecil, maka dibutuhkan cara memperbesar ukuran foto. Tapi saat memanfaatkanya, terdapat kecurigaan apakah cara ini tidak mengurangi kualitas. Karenanya cara ini masih dipertimbangkan saat akan digunakan dalam syarat-syarat khusus, seperti melamar pekerjaan.

Walaupun masih diragukan keberhasilannya, ada banyak orang yang mencobanya. Hasilnya tidak mengecewakan, karena seluruhnya mendapatkan hasil foto yang indah walaupun telah diperbesar ukurannya. Lantas, cara apa saja yang telah dicoba dan memberikan hasil tersebut? Ternyata ada dua cara yang telah dilakukan, yaitu memanfaatkan aplikasi dan tanpa aplikasi. Keduanya akan disampaikan secara lengkap dalam penjelasan yang akan disampaikan berikut ini.

Cara Memperbesar Ukuran Foto dengan Aplikasi

Keuntungan anda memanfaatkan cara ini adalah tidak membutuhkan internet untuk melakukan proses pembesaran ukuran. Namun pengguna harus mendownload aplikasi terlebih dahulu dan jalankan cara ini,

  1. Paint

Aplikasi yang akan digunakan dalam cara ini adalah aplikasi Paint yang merupakan bawaan dari microsoft. Saat anda tidak memilikinya, lakukan download untuk mendapatkan aplikasi yang dimaksud. Setelah tersedia, carilah foto yang akan diperbesar, kemudian tekan klik kanan pada foto. Selanjutnya pilih menu edit untuk mulai mengubah ukuran sesuai yang diinginkan.

 

  1. Menu Resize

Tunggulah beberapa saat hingga proses pembukaan paint berjalan lancar. Setelahnya tekan menu resize agar proses dapat dimulai. Pada proses ini, rubahlah ukuran menjadi ukuran pixel. Kemudian buatlah ukuran seperti yang dibutuhkan. Pastikan bahwa ukuran yang dibua telah sesuai, kemudian periksa perubahan yang terjadi pada gambar.

 

  1. Simpan

Apakah perubahan yang dilakukan telah sesuai? Anda harus menyimpan seluruh perubahan tersebut. Caranya mudah, yaitu menekan tombol OK dan kemudian tekan tombol save. Tidak perlu menunggu lama, maka muncul menu baru. Pada menu ini, usahakan untuk mengganti nama file, agar file lama tetap tersimpan dan dapat dirubah kembali saat dibutuhkan.

 

  1. Ulangi

Pada bagian bawah layar, anda dapat melihat ukuran dan pixel yang dimaksud. Jika ukuran tersebut tidak sesuai dengan ukuran yang diinginkan, ubah kembali dengan mengulangi langkah-langkah pada nomor dua. Namun sebelumnya, tekan ctrl Z agar kualitas foto sebelum tidak berkurang. Tidak perlu khawatir, karena cara ini dapat dilakukan secara berulang.

Itulah cara yang harus dijalankan agar ukuran foto dapat diperbesar tanpa mengurangi kualitas awal dengan memanfaatkan aplikasi. Lantas, bagaimana dengan mengubah ukuran foto tanpa aplikasi?

Cara Memperbesar Ukuran Foto tanpa Aplikasi

Setelah membahas tentang memperbesar ukuran foto dengan aplikasi, kini akan dijelaskan langkah-langkah memperbesar ukuran foto tanpa aplikasi. Adapun langkah-langkahnya dapat disimak di sini,

  1. Masuk Laman Website

Pertama anda harus menyiapkan laptop atau gadget yang akan digunakan dalam memperbesar ukuran foto. Setelahnya masuklah dalam browser dan kunjungi www.simpleimageresizer.com. Pada website ini tersedia banyak fitur, namun fitur yang harus digunakan pertama adalah memasukkan foto yang akan dipilih untuk diperbesar ukurannya.

 

  1. Memilih Foto yang Diubah Ukurannya

Berikutnya pastikan bahwa foto yang akan diperbesar sudah tersedia di gadget tersebut. Namun jika belum, pastikan siapkan dahulu foto yang akan diperbesar, agar mempermudah proses selanjutnya. Kemudian masukkan foto, caranya dengan menekan select image yang tersedia di halaman website. Kemudian tunggu beberapa saat untuk upload foto.

 

  1. Pengaturan

Berikutnya anda harus mulai mengatur presentasi gambar. Di sinilah pengguna harus merubah gambar sesuai dengan ukuran yang berlaku. Perhatikan dengan seksama agar seluruh ukuran yang dimasukkan sudah tepat. Sehingga tidak perlu mengulangi kembali seluruh proses ini untuk mendapatkan foto dengan ukuran yang dibutuhkan.

 

  1. Resize

Sudah yakin dengan perubahan yang dilakukan? Anda harus menekan tombol resize dan tunggu proses upload usai. Setelah beberapa saat proses resize pun akan usai, jika sudah langkah selanjutnya adalah melakukan download. Pengguna akan melihat link download dan kemudian tekan link tersebut, tunggu beberapa saat hingga proses selesai.

 

  1. Periksa Foto

Proses download sudah selesai? Waktunya anda memperhatikan foto yang telah diperbesar. Apakah foto sudah sesuai dengan persyaratan lamaran dan seluruh ukuran yang dimaksud? Jika belum, maka ulangilah proses di atas dan sesuaikan dengan ukuran yang dibutuhkan. Proses ini dapat diulangi, hingga akhirnya ukuran yang dibutuhkan didapat.

 

  1. Foto Lainnya

Saat anda puas dengan layanan yang diberikan, maka gunakan kembali cara ini untuk mengubah foto lainnya. Namun pastikan bahwa kamera yang digunakan tidak memiliki pengaturan tersendiri. Karena terdapat kamera-kamera yang memiliki pengaturan tersendiri, bila hal ini terjadi pastikan download camera user manual dan cek seluruh pengaturan yang tersedia.

Tidak sulit bukan menjalankannya? namun untuk anda yang pemula mungkin akan kesulitan untuk menjalankannya. Tapi bukan berarti cara memperbesar ukuran foto tidak dapat dilakukan sepenuhnya. Jadi satu kuncinya, yaitu untuk terus belajar dan mencoba. Karena latihan akan membantu untuk mendapatkan gambar dengan kualitas terbaik, serta memahami ukuran-ukuran yang akan diupload.