Cara Membuat Kolam Renang Sederhana Di Halaman Belakang Rumah

0 Comments

Seseorang mencari cara membuat kolam renang sederhana lantaran ingin mewujudkan keinginan tanpa mengalami masalah keuangan. Secara, pengeluaran bisa dipotong sekian persen.

Membuat kolam memang butuh biaya besar. Meskipun nampak sederhana, biayanya juga cukup mahal. Karena, Anda butuh material pembangun cukup banyak, serta butuh perlengkapan pendukung untuk mengatur sirkulasi air dan pemeliharaannya.

Sebelum merealisasikannya, ada beberapa hal yang seharusnya dipertimbangkan. Di sini, kami akan menunjukkannya. Dan kami lengkapi tentang bagaimana tips membuat kolam renang sederhana.

Pertimbangan Membuat Kolam di Halaman Belakang

Membuat kolam di halaman belakang rumah tentunya memiliki keunggulan dan kelemahan tersendiri. Ini patut dipertimbangkan oleh orang yang ingin membangunnya. Diantara yang perlu dipertimbangkan ialah sebagai berikut ini.

  1. 1. Membuat Kolam Alami Atau Modern

Pemilihan halaman belakang ini memungkinkan Anda dalam membuat kolam alami. Kesan yang dihasilkan akan jauh lebih asri. Apalagi jika dibuat dengan penambahan material alam seperti bebatuan dan meletakkan tanaman di sekitarnya.

Tetapi bila ingin membuat kolam modern, Anda butuh membersihkan area tersebut. Lantas, pertimbangkan untuk tidak banyak meletakkan material berbau alam. Dengan begitu, penampilannya akan lebih terkesan kekinian.

  1. 2. Akses Peralatan Berat

Dalam pembuatan kolam, peralatan berat lebih banyak dimaksimalkan. Kegunaannya tak lain untuk mempercepat hasil pekerjaan. Secara, pembuatnya hanya perlu waktu sekitar 60 menitan untuk melakukan pengedukan tanah.

Masalahnya, lokasi kolam ini berada di belakang rumah. Jika lokasinya sulit dijangkau peralatan berat, tentunya ini membuat masalah baru. Kalaupun dipaksakan, pemilik rumah perlu membuka akses jalan.

Diantaranya dengan membuka pagar, memotong pepohonan dan lain sebagainya. Dan sulitnya akses untuk memasuki area terkadang membuat pemilik jasa akan membebankan biaya lebih mahal.

  1. 3. Biaya

Hampir pasti bahwa Anda perlu mengeluarkan modal untuk merealisasikan kolam impian. Biayanya bisa diperhitungkan sejak awal. Ini meliputi biaya pembelian material, pembelian kelengkapan kolam, sampai beberapa biaya jasa itu sendiri.

Anda sebaiknya membuat perhitungan sederhana dari awal. Perhitungan ini setidaknya tidak melenceng jauh jika dibekali dengan informasi. Misalnya dengan riset terlebih dahulu terkait biaya pembuatan kolam dari penyedia jasa.

Kemudian perhatikan mengenai apa saja yang diperlukan. Di situ, Anda bisa menerka berapa banyak biayanya. Bahkan, Anda bisa menekan biayanya dengan memilih jenis material yang bagus tapi dengan nilai lebih murah.

Cara Membangun Kolam Renang Sederhana

Secara umum, pembangunan kolam meliputi pembentukan model kolam dan pemasangan instalasi pipa. Pembentukannya dimulai dengan mengeduk tanah. Pengedukannya dibuat sesuai pola untuk kolam, kemudian sisi lainnya digunakan untuk tempat instalasi pipa.

Modelnya sendiri sangat beragam. Namun Anda yang terkendala masalah biaya, membuat kolam sederhana adalah pilihan terbaik. Setidaknya, beberapa faktor inilah yang harus dipertimbangkan.

  1. 1. Bentuk Kolam

Bentuk dari kolam renang ini jangan sampai dibuat lebih rumit. Anda hanya perlu membuat seperti bak pemandian. Tentunya dengan memperhitungkan panjang dan lebar. Untuk ketinggian atau kedalam, usahakan dibuat sama agar pembuatannya tidak memakan waktu.

Kemudian untuk pendukungnya, Anda tinggal melengkapinya dengan beberapa anak tangga di salah satu sisinya. Anak tangga ini yang dijadikan sebagai tempat untuk memasuki kolam saat ingin berenang.

  1. 2. Material

Langkah selanjutnya ialah membuat pondasi awal. Anda disarankan untuk membuat rancangan besi ke seluruh bagian. Baik itu dasar kolam, dindingnya, dan area di sekitarnya.

Usahakan agar material untuk bagian dasar dibuat sekuat mungkin. Ini ditujukan untuk menciptakan kesan solid yang berguna untuk menghindari masalah retak ataupun bocor.

Kemudian, cor dengan material pasir dan semen. Kesemuanya diratakan pada dasar dan area dinding. Diamkan beberapa hari sampai terbentuk kolam.

Setelah jadi, lakukan pemplesteran sampai halus. Baru kemudian, manfaatkan material tambahan sebagai pelapis. Anda bisa memilih terpal, vinyl, fiberglas dan lain sebagainya.

  1. 3. Pelengkap Kolam

Dikarenakan Anda ingin mempraktekkan cara membuat kolam renang sederhana, maka pilihannya ialah selektif dalam menentukan pelengkap kolam. Yang dimaksud di sini ialah tidak banyak memberikan fitur di sekitarnya.

Anda hanya perlu memasukkan beberapa hal yang dirasa sangat penting. Contohnya ialah tempat masuknya air limpahan dari kolam. Itu sudah cukup untuk diaplikasikan lantaran sangat diperlukan.

Sisanya, Anda perlu menerapkan instalasi perpipaan untuk mengatur sirkulasi air. Peletakannya berada disamping desain kolam. Sementara untuk desain kolam sederhananya, Anda bisa melihat contohnya di desain kolam renang minimalis.

Itulah bagaimana cara membuat kolam renang sederhana yang bisa Anda lakukan. Jadi, sudah siap untuk membangun?