Cara Membuat Bubur Jagung Gurih yang Nikmat

0 Comments

Proses pembuatan bubur tidak hanya terbuat dari nasi dan kacang hijau saja, ternyata jagung juga bisa anda olah menjadi masakan bubur yang manis dan gurih. Kita ketahui bersama kalau jagung manis merupakan salah satu bahan makanan yang kaya akan serat dan vitamin. Jagung ini bisa diolah menjadi beberapa varian makanan seperti sup, puding, hingga perkedel.

Ternyata lebih dari itu, bahan jagung bisa anda olah menjadi salah satu masakan bubur yang kaya akan rasa manis dan gurih. Pastinya bubur jagung bisa menambah selera makan anda. Bahan makanan jagung ini memang dikenal sebagai bahan makanan yang kaya akan karbohidrat sehingga bisa dijadikan sebagai pengganti daripada nasi. Menawarkan rasa yang manis saat diolah menjadi bubur jagung.

Kalau anda ingin ingin tahu cara membuat bubur jagung sebenarnya sangat mudah dan sederhana. Tentunya anda bisa mencobanya sendiri di rumah dan rasakan sensasinya. Anda juga bisa menambahkan berbagai toping yang bisa menambah selera seperti sayuran, hati ayam dan lainnya.

Khasiat Mengkonsumsi Bubur Jagung Untuk Kesehatan

Pixabay.com

Bubur jagung yang kaya akan serat ini juga sangat cocok anda makan ketika kurang enak badan. Terlebih untuk makanan bubur bagi si kecil yang lagi rewel karena sakit. Sebelum membahas mengenai cara untuk memasak bubur jagung, akan lebih baik lagi kalau anda mengetahui beberapa khasiat mengkonsumsi bubur jagung. Selengkapnya silahkan simak penjelasan berikut ini:

Karbohidrat kompleks

Jagung merupakan salah satu bahan makanan yang memiliki banyak kandungan karbohidrat kompleks. Jadi yang dimaksud kompleks disini adalah mengandung pati dan tinggi serat. Karbohidrat komplek ini akan lebih lama dipecah dalam tubuh dibandingkan dengan karbohidrat lainnya. Tentu kondisi ini tidak membuat naik atau turunnya gula darah setelah seseorang makan.

Energi yang tersedia dalam tubuh lebih tahan lama sehingga anda tidak mudah lapar. Sangat cocok untuk anda yang saat ini sedang program diet sehat. Selain itu dengan merasa kenyang lebih lama bisa menjaga sistem pencernaan anda lebih baik, dan sudah mengandung mineral dan vitamin yang cukup untuk tubuh.

Kaya akan vitamin A

Bubur jagung ini mengandung vitamin A yang sangat baik untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. Vitamin A ini bisa menjaga jaringan tubuh untuk melapisi paru-paru, pembuluh darah, saluran pencernaan, dan kulit. Selain itu vitamin A ini sangat dibutuhkan karena bisa menjaga ketajaman penglihatan mata.

Sebagai sumber karotenoid

Karotenoid merupakan pigmen yang ada pada makanan nabati yang nantinya akan dirubah menjadi vitamin A. bubur jagung yang mengandung karotenoid ini akan menjadi antioksidan yang sangat baik untuk melindungi jaringan sel dan organ dalam tubuh. Selain itu juga berfungsi untuk melawan efek radikal bebas. Mengingat efek radikal bebas ini sangat berbahaya karena bisa mempercepat perkembangan kanker, penyakit mata dan jantung.

Mengandung mineral penting untuk tubuh

Bubur jagung mengandung banyak mineral yang sangat baik untuk tubuh seperti magnesium, fosfor, zat besi, dan kalsium. Mineral ini nantinya memiliki peran penting untuk menjaga kepadatan tulang dan menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh.

Cara Membuat Bubur Jagung Manis dan Gurih

Pixabay.com

Setelah mengetahui banyak khasiat yang bisa anda rasakan ketika mengkonsumsi bubur jagung maka selanjutnya anda bisa membuatnya sendiri. Terlebih cara membuatnya pun sangat mudah dan cepat. Terlebih khasiatnya sangat bagus untuk menjaga kesehatan tubuh. Untuk itu silahkan simak beberapa penjelasan berikut ini:

Apabila anda tertarik untuk membuat bubur jagung yang nikmat untuk sarapan pagi, silahkan siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan seperti :

  • 4 jagung manis yang kemudian silahkan dipipilkan
  • Siapkan gula pasir sekitar 200 gr
  • Santan 65ml
  • Tepung beras 3 sdm
  • 1 lembar daun pandan
  • Air secukupnya

Setelah semua bahan utama yang digunakan untuk membuat bubur jagung sudah siap maka silahkan ikuti beberapa langkah untuk memasaknya.

  1. Siapkan jagung manis yang sudah dipipil
  2. Rebus jagung manis dengan menambahkan gula secukupnya dan air sampai jagung menjadi lembut.
  3. Silahkan masukkan santan, daun pandan dan tunggu sampai mendidih
  4. Setelah itu tambahkan tepung beras yang sudah dicairkan dan aduk sampai merata. Usahakan untuk mengaduknya secara merata agar tidak ada gumpalan.
  5. Ketika sudah mendidih, maka bubur jagung sudah bisa dihidangkan selagi masih hangat.

Kalau anda terbiasa untuk makan makanan bubur organik maka salah satu orang yang peduli dengan kesehatan. Terlebih di era modern seperti sekarang ini sudah banyak sekali makanan-makanan yang disajikan secara instan. Tentu makanan tersebut mengandung bahan pengawet yang pastinya kurang baik untuk kesehatan tubuh. Kalau anda ingin yang terbaik anda bisa mencoba resep bubur jagung sederhana yang gurih dan lezat, tentunya lebih aman tanpa ada campuran bahan pengawet.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai beberapa manfaat yang bisa anda dapatkan ketika mengkonsumsi bubur jagung. Selain adanya resep cara membuat bubur jagung tersebut bisa anda praktekkan di rumah. Semoga penjelasan ini bermanfaat dan menambah wawasan anda.