Berbagai Macam Cara Melihat Pesan Wa Yang Sudah Dihapus Tanpa Aplikasi

0 Comments

Saat ini, banyak orang yang sudah memiliki ponsel pintar atau smartphone demi menunjang aktivitasnya sehari – hari. Kelebihan dari ponsel pintar ini adalah banyaknya aplikasi yang bisa digunakan untuk mendukung proses komunikasi jarak jauh.

Hampir semua pengguna ponsel pintar menggunakan jaringan internet sebagai penghubung antara aplikasi. Salah satu jenis aplikasi yang sering digunakan adalah aplikasi WhatsApp (WA). Aplikasi ini memiliki keunggulan dibandingkan aplikasi sejenis yang lain.

Salah satu keunggulan aplikasi WhatsApp adalah adanya bentuk interface yang user friendly atau mudah digunakan. Aplikasi ini bisa digunakan dengan mudah oleh siapa saja. Selain itu, bahasa yang digunakan juga bisa diatur sesuai dengan yan diinginkan. Hal inilah yang membuat WA bisa digunakan oleh siapapun.

Selain itu, WA juga merupakan aplikasi yang bisa terhubungkan dengan kontak yang ada di ponsel secara otomatis. Kontak yang ada di ponsel akan masuk ke daftar kontak yang ada di WA. Sehingga, para pengguna tidak perlu menambahkan kontak secara manual.

Kelebihan dari WA adalah adanya fitur Video Call yang bisa digunakan secara bersama oleh beberapa akun. Sehingga, beberapa orang yang ada di tempat berbeda dapat melakukan panggilan video secara bersamaan dalam suatu forum yang sama.

WA juga menyediakan fitur tarik pesan yang bisa digunakan oleh para penggunanya. Misalnya, ketika seorang pengguna mengirimkan pesan yang salah, maka ia bisa menghapus pesan tersebut di perangkatnya sendiri dan pada perangkat WA penerima pesan. Hal ini bisa digunakan untuk menghindari banyaknya typo atau kesalahan penulisan yang mungkin saja terjadi.

Akan tetapi, fitur WA ini juga menimbulkan rasa penasaran bagi orang yang menerima pesan. Mereka bisa saja belum membaca pesan tersebut. Akan tetapi, pesan yang dikirimkan sudah dihapus. Lantas, adakah cara yang bisa digunakan untuk membaca kembali pesan WA yang telah dihapus?

Membaca Kembali Pesan WA yang Terhapus tanpa Menggunakan Aplikasi

Membaca kembali pesan WA yang telah terhapus bukanlah hal yang tidak mungkin dilakukan. Hal ini dikarenakan ada beberapa fitur WA yang memungkinkan chat WA untuk bisa dibaca kembali. Akan tetapi, WA mungkin mensyaratkan untuk menggunakan Google Drive untuk melakukan backup secara otomatis di WA.

Cara lain yang bisa digunakan adalah dengan menggunakan aplikasi tambahan. Artinya, pengguna harus mengunduh aplikasi lain dan menggunakan aplikasi yang digunakan oleh pihak ketiga. Hal ini bukan masalah bagi pengguna yang memiliki ponsel dengan kapasitas RAM dan ROM yang besar. Akan tetapi, jika kapasitas dari ponsel terbatas, maka menggunakan aplikasi tambahan bukanlah ide yang bagus untuk membaca kembali pesan WA yang terhapus. Lantas, apa yang harus dilakukan?

Untuk membaca pesan WA yang terhapus tanpa menggunakan aplikasi tambahan, pengguna bisa menggunakan fitur yang disediakan oleh File Manager. Aplikasi ini biasanya sudah terpasang secara otomatis pada sebuah ponsel pintar. Sehingga, pengguna WA tidak perlu mengunduh secara terpisah.

Hal yang harus dilakukan adalah dengan membuka aplikasi File Manager tersebut. Kemudian, pengguna bisa memilih database WhatsApp. File database ini biasanya tersimpan dalam penyimpanan internal ataupun SD Card. Hal ini bergantung pada pengaturan yang sebelumnya dilakukan di WA.

Setelah menemukan file database WA, pengguna bisa mencadangkan file chat dalam bentuk MsgstoreYYYYMMDD.db.crypt**. Tanda bintang pada nama file tersebut bergantung jenis enskripsi yang digunakan. Beberapa WA dengan versi terbaru mungkin akan menggunakan crypt12. Sedangkan WA versi lama mungkin akan menggunakan crypt10 atau 9.

Kemudian, pengguna bisa meng-copy folder tersebut dan memindahkannya ke folder baru yang digunakan. Setelah proses pemindahan selesai, pengguna bisa menghapus instalansi WA. Ketika proses penghapusan instalansi selesai, pengguna bisa mengganti nama file database tadi menjadi Mgstore.db.crypt**.

Ketika proses pergantian nama selesai, pengguna bisa download WhatsApp kembali dan melakukan proses instalansi ulang. Saat proses instalansi selesai, maka pengguna bisa masuk ke dalam WA. Setelah itu, proses pemulihan cadangan akan dilakukan. Ketika proses pemulihan selesai, maka pengguna bisa melihat kembali chat yang terhapus tersebut.

Cara melihat kembali pesan WA yang terhapus ini memang membutuhkan banyak langkah. Akan tetapi, cara ini akan sangat membantu pengguna dengan kapasitas memori ponsel yang terbatas. Sehingga, mereka tidak perlu menginstal aplikasi tambahan yang lain.

Proses Backup Otomatis di WhatsApp

WhatsApp juga memberikan fitur dimana para penggunanya bisa melakukan proses backup secara otomatis. Proses backup ini akan mebantu para penggunanya untuk secara otomatis menyimpan chat. Sehingga, ketika mereka ingin memindahkan akun WA dari satu ponsel ke ponsel lainnya, mereka tidak perlu khawatir tentang kelengkapan riwayat WA.

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan fitur backup melalui Google Drive. Pengguna bisa masuk ke ikon menu yang berupa titik tiga vertikal di WA. Setelah itu, pengguna bisa memilih menu Settings. Selanjutnya pengguna bisa masuk ke Chat dan pilih Chat Backup.

Pada menu chat backup, pengguna bisa memilih frekuensi dari proses backup yang akan dilakukan. Pengguna bisa memilih proses backup harian, mingguan, atau bulanan. Selain itu, pengguna juga bisa mencadangkan video dengan menggunakan koneksi jaringan internet.