Cara Melihat Password Wifi di Laptop

0 Comments

Internet kini menjadi kebutuhan dan kesenangan tersendiri bagi banyak orang. Bukan hanya digunakan untuk browsing informasi penting, internet kini juga digunakan untuk saran hiburan dan pencarian kebutuhan bagi banyak masyarakat di dunia. Apalagi, dengan segala hal yang kini serba digital, seperti berbelanja kebutuhan pokok, berbelanja kebutuhan terseier, bekerja, mngirim pesan, dan sebagainya.

Untuk menikmati manfaat dari adanya internet, dibutuhkan kuota jaringan. Ada dua cara, Anda bisa membeli paket data dari provider sendiri atau mengguankan Wifi untuk bisa mengakses internet secara bersama-sama untuk lebih banyak pengguna. Wifi sendiri memiliki kapasitas akses, jika kapasitasnya sedikit, maka tidak banyak orang yang bisa menggunakannya, karena jika dipaksakan akan lambat.

Oleh karena itulah, banyak orang menggunakan Wifi dengan sekaligus memasangkan password pada Wifi. Hal ini dilakukan, guna membatasi pengguna yang bisa mengakses Wifi tersebut. Namun, kadangkala Anda malah justru lupa dengan password Wifi Anda sendiri. Alhasil, Anda menjadi kesulitan untuk terhubung ke internet. Jangan dulu panik, kondisi ini bisa diatasi dengan sangat mudah.

Cara Cek Password Wifi di Laptop

Untuk mencegah hal ini terjadi di kemudian hari, ada beberapa metode atau cara yang bisa dilakukan untuk melihat password Wifi di laptop Anda. Namun, ini hanya berlaku untuk Wifi yang sudah pernah Anda gunakan sebelumnya, bukan Wifi yang baru saja terpasang pada laptop Anda. Nah, tidak perlu bingung dan gundah, berikut ini adalah cara melihat password Wifi di laptop:

  • Cek password pada PC Windows

Cara yang satu ini cukup mudah dilakukan. Anda tinggal klik logo ‘Wifi’ pada toolbar. Klik ‘Network & Internet Settings’ dan pilih ‘Wifi’. Pilih ‘Change adaptor option’ di bagian bawah halaman. Kemudian, klik kanan pada Wifi yang sedang digunakan. Setelahnya, pilih ‘Status, Wireless Properties’. Klik tab ‘Security’. Pada bagian bawah network security key, klik ‘Show Character’ dan muncul password.

  • Menggunakan CMD pada OS Windows

Sebagian dari Anda yang tidak begitu memahami perihal laptop, mungkin akan sedikit asing mendengar istilah CMD. CMD adalah aplikasi bawaan laptop yang dapat digunakan untuk menjalani berbagai perintah pada laptop. Salah satu yang bisa dilakukan dengan aplikasi ini adalah memeriksa password Wifi yang sedang digunakan pada laptop Anda, caranya:

  • Klik menu ‘Start’ dan cari aplikasi ‘Run’ atau Anda juga bisa menggunakan keyboard shortcut dengan klik ‘Windows + R’ secara bersamaan.
  • Setelah muncul box, ketik ‘CMD’ paa kolom search dan klik ‘OK’
  • Pada kotak berlatas hitam, ketikkan ‘netsh wlan show profiles’ tanpa tanda petik, kemudian ‘Enter’
  • Di sini, Anda akan menemukan berbagai Wifi yang pernah Anda gunakan sebelumnya dan temukan Wifi yang Anda ingin periksa passwordnya.
  • Setelah menemukannya, ketikkan kembali ‘netsh wlan show profiles “Nama Wifi” key=clear’..
  • Tunggu beberapa saat dan hasilnya akan muncul. Anda langsung bisa mengetahui password pada kolom ‘Security Settings di bagian ‘Key Content’.

  • Cek password pada MACBook

Bukan hanya pengguna Windows saja yang bisa memetiksa password pada Wifi, para pengguna MacBook dari Apple juga bisa mengetahuinya. Untuk mengetahui password pada MacBook, Anda tidak perlu terlebih dahulu terkoneksi dengan internet. Cara ini bisa dilakukan tanpa laptop Anda terkoneksi internet. Berikut caranya:

  • Buka ‘Finder’ dan klik ‘Go’
  • Pada menu down drop, klik ‘Utilities’
  • Klik dua kali pada ‘Keychain Access’.
  • Anda bisa langusng mencari nama network yang digunakan dan klik dua kali.
  • Pada menu ‘Attributes’, klik ‘Show Password’.
  • Setelahnya akan muncuk box perintah dan masukkan password Mac, klik ‘Allow’.
  • Voila! Password pun akan terlihat.

  • Lakukan reset pada router

Jika cara-cara sebelumnya tidak bisa dilakukan, maka pilihan terakhir adalah dengan melakukan reset router. Caranya, klik tombol reset yang biasanya tersedia pada bagian belakang router. Tekan tombol ini sekitar 30 detik hingga lampu router mati. Cari informasi SSID dan Key di bagian belakang router. Sambungkan laptop dengan Wifi tersebut menggunakan password pada Key.

  • Cek router

Cara yang satu ini bisa dilakukan, jika Anda tidak mengubah password Wifi yang disetel secara default pada saat pemasangan password pertama. Caranya adalah dengan memeriksa seluruh bagian router, biasanya manufaktur telah menepelkan SSID dan password berupa stiker. Jika tidak ada, Anda bisa mencarinya pada box dan temukan label ‘Key’.

Demikian beragam cara melihat password Wifi di laptop yang bisa dilakukan. Anda bisa melakukannya dengan mudah tanpa perlu ribet. Jika membutuhkan informasi lainnya mengenai teknologi, Anda bisa membuka situs Best AREight yang menyediakan informasi lengkap seputar teknologi dan perangkat digital yang biasa digunakan dalam keseharian.