Cara Mancing Ikan Nila Yang Susah Makan Menjadi Gampang

0 Comments

Siapa bilang memancing ikan nila yang sudah makan itu sulit. Menjadi sulit sebenarnya karena Anda belum tahu teknik rahasianya. Padahal jika sudah mempraktikkan teknik tersebut, akan mudah sekali memancing ikan apapun yang sudah makan.

Berdasarkan pengamatan oleh para pecinta mancing profesional, ikan nila hidupnya selalu bergerombol. Baik pada saat berenang ke tepian maupun pada saat berenang di daerah kedalaman. Dan ikan nila yang sedang lapar cirinya selalu berenang di pinggiran.

Sementara itu waktu yang tepat memancing ikan nila adalah ketika musim penghujan. Alasannya jenis binatang air tawar pada saat hujan kandungan oksigen di dalam air semakin meningkat. Kondisi tersebut membuat ikan jenis air tawar seperti ikan nila akan cepat lapar dan sering mencari makan.

Tetapi masalahnya hobi memancing umumnya tidak mengenal musim. Artinya keinginan mancing bisa datang kapanpun. Nah, untuk Anda yang merasa kesal karena ikan nila tidak mau menyambar umpan pada joran, coba praktikkan teknik rahasia cara memancing ikan nila yang susah makan ini.

Mancing Ikan Nila Yang Susah Makan

Seringkali para pemancing menghadapi situasi menyebalkan yaitu ikan nila tidak mau menyambar umpan Anda. Tetapi jangan menyerah dulu. Pada kesempatan kali ini akan dibagi tips cara mancing ikan nila yang mogok makan alias sudah makan. Caranya adalah seperti ini:

  1. Buat kondisi ari agak sedikir keruh. Pasalnya ikan nila menyukai kondisi air yang keruh dan tidak bening.
  2. Gunakan umpan cacing. Cacing yang disukai oleh ikan nila adalah cacing cau. Cacing cau ini umumnya hidup pada pohon pisang yang sudah membusuk.
  3. Selain cacing, Anda juga bisa menggunakan umpan lumut yang juga disukai oleh ikan nila. Namun sebelumnya campur lumut dengan essen atau cuka dan garam terlebih dahulu. Tujuannya adalah agar umpan lumut Anda cepat disambar oleh ikan nila.
  4. Untuk pirantinya, direkomendasikan untuk menggunakan joran yang mudah saat melempar umpan. Sementara itu untuk ukuran bandul usahakan jangan terlalu besar. Tujuannya agar saat umpan dilempar, ikan nila tidak kabur karena tersentak suara bandul yang jatuh ke air.
  5. Usahakan untuk melempar kail umpan melewati keruminan ikan nila yang ditargetkan. Pastikan umpan sampai ke dasar air lalu tarik secara perlahan.
  6. Pada saat kail umpan ditarik perlahan, di situlah umpan cacing atau lumut akan bergoyang-goyang. Goyangan itulah yang akan menarik perhatian ikan nila. Dengan begitu, ikan nila yang sudah makan sekalipun akan menyambar umpan tersebut.

Memancing Baik untuk Kesehatan Mental

Jika Anda merasa sedih atau lelah, mungkin sudah waktunya untuk kembali ke alam. Menurut psikolog bernama Niels Eek, menghabiskan waktu di alam adalah kunci kesehatan mental yang sangat baik.

Berada di alam tidak hanya mampu meningkatkan suasana hati untuk saat itu saja. Sebab berada di alam juga memiliki efek jangka panjang yang positif. Misalnya saja seperti pada saat depresi. Selain itu dikatakan juga bisa mengurangi risiko kanker tertentu dan hipertensi.

Beberapa kegiatan yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan kesehatan mental adalah mendaki gunung, berkemah, dan bersepeda. Tetapi beberapa ahli percaya jika cara terbaik untuk menjaga kesehatan pikiran adalah dengan memancing.

Memandangi Ikan di Akuarium Itu Terapeutik

Selain beberapa kegiatan seperti yang sudah dijelaskan di atas, memandangi ikan di akuarium juga bagian dari terapeutik untuk kesehatan pikiran. Apalagi jika akuarium tersebut dipesan dari Aqua World. Pada intinya, selain sebagai penghias ruangan, memelihara ikan di akuarium juga bermanfaat untuk kesehatan.

Dalam sebuah penelitian, memandang ikan-ikan yang berenang di akuarium selama 10 menit bisa mengurangi tekanan darah tinggi dan detak jantung berlebih. Dalam penelitian tersebut juga disebutkan bahwa aktivitas ini bisa membantu mengurangi stres dan kecemasan. Mampu meningkatkan perasaan tenang hingga mengurangi ketegangan otot.

Bahkan dikatakan juga dalam waktu yang lebih singkat, 5 menit saja Anda memandangi akuarium juga memiliki efek seolah menghipnotis dan menenangkan. Apalagi jika ikan hiasnya berlarian pada akuarium buatan Aqua World

Hal ini tentunya bukan tanpa alasan. Semua itu ternyata disebabkan kecenderungan genetik manusia yang menganggap bahwa lingkungan alami itu menyehatkan juga baik untuk kehidupan. Bagaimana tertarik untuk mencobanya?

Memang kegiatan memancing bisa dikatakan sangat baik untuk kesehatan mental. Namun dengan catatan jika Anda bisa mendapatkan ikan. Pasalnya bukannya stres hilang tapi justru bertambah jika ikan sulit dipancing. Agar kejadian ini tidak menimpa Anda, coba praktikkan trik cara memancing ikan nila yang sudah makan di atas tadi.