Yuk Simak Cara Foto dengan Kamera Digital Agar Mendapatkan Hasil Maksimal

0 Comments

Seiring kemajuan teknologi sekarang kamera digital telah mengalami beberapa perkembangan resolusi. Perkembangan kamera ini tentu akan membantu untuk menghasilkan foto yang bagus dan mudah sekali ditemui di pasaran. Anda bisa memilh resolusi kamera mulai dari 4 dan 6 megapiel bahkan bisa mendapatkan lebih.

Namun banyak orang yang merasa memotret menggunakan kamera digital tidak akan menghasilkan foto yang bagus. Padahal dengan mengetahui tekninya anda bisa membuat foto terlihat lebih bagus meskipun hanya dengan kamera digital. Cara memotret yang benar akan membuat anda terlihat lebih profesional dalam melakukan pemotretan. Yuk simak cara foto dengan kamera digital berikut.

Teknik Memotret dengan Kamera Digital

Pixabay.com

Menghilangkan Efek Mata Merah

Mata merah yang dimaksud untuk menghasilkan foto yang bagus bukanlah karena kurang tidur, namun karena adannya sambaran lampu kilat yang sejajar dengan arah lensa. Beberapa kamera bahkan sudah dilengkapi dengan flash dengan failitas anti red eyes. Adanya red eyes ini bertujuan untuk untuk menutupi bagian iris mata.

Namun sekarang ini banyak sekali kamera digital yang akan menghilangkan efek mata merah sehingga anda tidak usah terburu buru mengganti kamera. Anda juga bisa menggunakan aplikasi kamera digital misalnya software acdsee atau jika anda mau yang freeware, silakan anda kunjungi beberapa website yang menyediakan software tersebut.

Menggunakan Flash Otomatis

Cara foto dengan kamera digital adalah menggunakan flash otomatis yang dirancang untuk pemotretan di ruangan yang kuarang cahaya. Sehingga kualitas gambar yang dihasilkan pun akan menjadi maksimal. Namun sebaiknya jangan menggunakan flash otomatis karena akan membuat pencahayaan gambar kurang natural. Hasil gambarnya pun terlihat tidak seindah dengan aslinya.

Jadi ada baiknya anda menggunakan flash ototmatis yang akan menyala pada saat kurang cahaya. Namun flash otomatis ini akan berkurang dan tidak akan menyala saat sudah mendapatkan banyak cahaya pada objek foto. Tentunya perkembangan teknologi kamera digital ini menjadi pusat perhatian bagi anda yang ingin membeli kamera untuk berjalan jalan, dan mendapatkan hasil gambar yang apik.

Reaksi Lambat

Beberapa objek yang bergerak karena sedang melakukan aktifitas memang sulit sekali untuk diabadikan. Misalnya saja saat berolahrga, binatang yang berlari, anak kecil yang bermain tentu merupakan objek yang susah diabadikan. Apabila tidak pas untuk membidik objek maka salah salah akan membuat foto menjadi blur dan tidak menghasilkan foto yang natural.

Untuk mengatasi hal ini maka anda harus mulai menggunakan shitter log atau jeda antara penekanan tombol perekaman gambar. Anda bisa menempatkan diri anda pada posisi yang tepat sebagai cara foto dengan kamera digital. Kemudian tekan setengah tombol untuk mengunci fokus dan tunggu momen yang tepat. Jika sudah mendapatkan momen yang tepat maka tekan penuh tombol seraya mengikuti perkembangan objek.

Mengubah Area Putih

Kamera akan mengubah secara terang warna salju atau benda putih lainnya yang berada di sekitar objek menjadi warna yang kelabu. Untuk mengatasinya anda bisa mengatur kembali kompnesasi EV untuk menangkap gambar menjadi terang. Apabila kamera anda memiliki fasilitas untuk menaikkan kompensasi EV antara 0,7 – 1 EV maka, kamera akan menangkap gambar menjadi terang dan membuat seragam berwarna putih menjadi sangat terang.

Memperhatikan Latar Belakang Objek

Saat anda mengambil beberapa objek foto wajah anda, maka perhatikan latar belakang dari objek foto anda. Usahakan untuk menghindari warna warna atau gambar yang semrawut sehingga menyebabkan wajah objek foto kurang menonjol. Latar belakang yang berwarna menonjol akan menyebabkan foto wajah tidak fokus dan justru gambar yang dihasilkan akan fokus pada latar belakang objek.

Untuk menghindari hal tersebut anda bisa memilih latar belakang yang tidak terlalu menonjol dan terlihat lebih kalem. Gunakan objek yang memiliki warna yang cerah dan menonjol saat hendak mengambil gambar. Cara foto dengan kamera digital ini dijamin akan membuat foto anda terlihat lebih bagus dan serasi.

Perhatikan Jarak Pengambilan Foto

Pixabay.com

Objek yang terlalu kecil akan sulit untuk dibidik oleh kamera digital. Objek yang kurang menonjol akan membuat gambar terlihat biasa saja. Oleh karenanya pakailah perbesaran optikal pada lensa dan bidiklah objek yang paling menarik. Anda harus sering sering melakukan latihan dengan mengamati semua bagian dalam bingkai bidikan anda secara cermat.

Jangan hanya terfokus pada objek utama saja, namun anda juga harus memperhatikan segala sesuatu yang ada di sekitar objek utama. Anda harus bisa melakukan penggambaran hasil foto yang jelas melalui kamera digital anda. Jarak yang terlalu jauh dengan objek akan membuat objek tidak terlihat dan fokus pada foto hanya di sekitar objek utama anda.

Mengatur Warna Kalem

Saat melakukan pemotretan di ruangan terbuka, kerapkali potret wajah akan terlihat memucat. Apalagi jika anda memotret di bawah pohon yang berlimpah cahaya, maka hasilnya pun akan terlihat memucat. Cara foto dengan kamera digital agar mendapatkan hasil maksimal adalah dengan menormalkan warna pada konfigurasi white balance. Gantilah setelah white balance menjadi cloudy agar gambar terlihat lebih indah sehingga membuat langit menjadi biru.

Menggunakan Sensor Kotor

Masalah klasik yang kerapkali dialami oleh para fotografer yang menggunakan kamera DSLR adalah munculnya titik titik kecil berwarna hitam akibat debu yang menempel pada sensor kamera. Namun saat anda menggunakan canon camera manual anda tidak akan mengalami hal ini. Lensa pada kamera saku tidak akan mengalami masalah lensa karena sensornya dirakit sangat rekat dan tertutup oleh casing yang rapat.

Namun apabila anda mengalami sensor yang kotor, maka anda bisa melakukan beberapa cara. Pertama melalui program gambar digital atau adobe photoshop yang akan menghilangkan titik titik kecil berwarna hitam. Cara foto dengan kamera digital apabila mengalami hal ini adalah mengganti lensa jika memang diperlukan dan membawa ke tempat servis untuk pembersihan secara maksimal.

Itulah beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk menghasilkan foto yang bagus saat menggunakan kamera digital untuk mengambil gambar. Anda harus mengetahui cara yang tepat ketika menggunakan kamera digital karena hasilnya foto tergantung teknik yang dilakukan. Selain faktor teknik pengambilan foto yang benar, anda juga harus mempertimbangkan objek foto yang menjadi sasaran bidikan anda.