Cara Diet Ibu Hamil 9 Bulan

0 Comments

Mengalami obesitas saat hamil tua dapat menimbulkan risiko saat persalinan. Oleh karena itu, ibu hamil yang usia kandungannya sudah tua (9 bulan) juga disarankan untuk melakukan diet sehingga kesehatan ibu dan bayi lebih terjamin saat proses persalinan. Cara diet ibu hamil 9 bulan yang disarankan adalah sebagai berikut.

  1. Nutrisi yang seimbang

Ibu hamil wajib memperhatikan makanan sekaligus nutrisi apa saja yang dikonsumsi. Ini karena nutrisi yang seimbang sangat diperlukan bagi ibu hamil untuk pertumbuhan dan perkembangan janin. Ibu hamil dapat berkonsultasi dengan dokter tentang ini atau membuat daftar menu diet yang sehat dan seimbang selama kehamilan.

  1. Konsumsi sayuran berserat

Saat hamil tua, ibu wajib mengonsumsi sayuran berserat agar terhindar dari risiko sembelit sekaligus menghindari kesulitan saat melahirkan. Ibu hamil membutuhkan serat sekitar 1,2 gram setiap harinya. Apabila kebutuhan serat ini terpenuhi, kemungkinan bayi dapat dilahirkan dengan lancar dan ibu sehat akan semakin tinggi.

  1. Cukupi kebutuhan protein

Di masa kehamilan, ibu cenderung cepat lapar serta selalu ingin memakan camilan. Saat hal ini terjadi, artinya asupan proteinnya kurang. Oleh karena itu, agar hal ini tidak terjadi, asupan protein bagi ibu hamil harus dipenuhi. Dengan begitu, keinginan untuk memakan camilan akan berkurang sehingga terhindar dari risiko obesitas.

  1. Batasi asupan kalori

Kalori adalah sumber energi yang baik untuk dikonsumsi pada masa kehamilan. Namun, mengonsumsi kalori yang berlebihan juga tidak baik karena dapat meningkatkan risiko obesitas terhadap ibu hamil. Oleh karena itu, makanan dan minuman berkalori tinggi  seperti fast food, gorengan, minuman bersoda, dan sebagainya perlu dihindari.

  1. Olahraga ringan secara rutin

Cara diet ibu hamil 9 bulan juga dapat didukung dengan aktivitas olahraga ringan yang dilakukan secara rutin. Selain dapat membakar kalori, olahraga ringan seperti jalan kaki di pagi hari juga dapat memperkuat tubuh dan tulang ibu hamil sehingga lebih siap saat menghadapi persalinan. Olahraga juga dapat mempermudah proses persalinan.