Cara Beriklan di Instagram Untuk Pemula

0 Comments

Instagram merupakan salah satu media sosial yang sangat digemari saat ini. Hal tersebut tentu membuat Instagram memiliki jumlah kunjungan yang sangat besar setiap harinya. Dengan banyaknya jumlah kunjungan ke Instagram, kamu bisa memanfaatkannya untuk memasang iklan. Namun, kamu harus tahu terlebih dahulu mengenai cara beriklan di Instagram.

Untuk memasang iklan di Instagram, pada dasarnya tidaklah terlalu rumit. Kamu hanya perlu menyiapkan sejumlah dana untuk beriklan. Tentunya dana tersebut tidaklah terlalu mahal dan bisa disesuaikan dengan kemampuanmu. Untuk lebih jelasnya, artikel ini akan membantu kamu mengetahui cara beriklan di Instagram dengan baik dan benar yang kami kutip tipsnya dari website nesabamedia.com.

Cara Mudah Memasang Iklan di Instagram

Sebelum memulai mempelajari cara beriklan di Instagram yang baik dan benar, pastikan bahwa kamu sudah memiliki akun Instagram terlebih dahulu. Untuk poin ini memang tidaklah wajib, namun akan lebih bagus jika kamu sudah memiliki akun Instagram. Tentunya akun Instagram yang dimaksud adalah akun khusus untuk bisnismu sendiri.

Jadikan Akun Sebagai Akun Bisnis Terlebih Dahulu

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah dengan menjadikan akunmu menjadi akun bisnis. Hal tersebut bertujuan untuk mendapatkan fitur iklan dari Instagram. Langkah-langkah yang harus kamu lakukan adalah sebagai berikut:

  1. Silahkan login ke akun Instagram yang kamu gunakan untuk bisnismu.
  2. Masuk ke menu setting lalu pilihlah “Switch to Business Profile”.
  3. Langkah selanjutnya, hubungkan saja akun Instagram kalian ke halaman Facebook yang sebelumnya sudah kamu buat. Pilihlah terlebih dahulu salah satu kategori yang sesuai dengan unit bisnismu.
  4. Lengkapi isian yang dibutuhkan untuk membuat akun bisnis. Pastikan juga kamu menambahkan keterangan tambahan pada bio dan keterangan tambahan di kolom yang tersedia agar para pengunjung bisa mendapat informasi yang lengkap mengenai bisnismu.

Tentukan Konten Yang Ingin Dipromosikan

Untuk beriklan di Instagram, tentu kamu harus memiliki konter berupa gambar maupun video. Cobalah untuk membuat sebuah konten terlebih dahulu, lalu unggah ke akun Instagram yang kamu miliki. Buatlah konten yang menarik dan mudah dimengerti sehingga bisa menarik calon pelanggan untuk membeli produkmu. Untuk video yang dibuat diusahakan agar singkat namun sangat tepat dalam pemilihan materinya.

Untuk bagian caption, kamu harus bisa memanfaatkannya dengan baik. Caranya, kamu harus memanfaatkan teknik copywriting yang mampu memikat calon pelanggan untuk membeli. Teknik ini tidaklah terlalu sulit dan wajib diperhatikan agar iklan yang kamu buat bisa lebih efektif untuk menjaring pelanggan.

Perlu diketahui juga bahwa konten ini tidak harus kamu buat sendiri. Saat ini sudah banyak jasa pembuatan konten Instagram yang mumpuni dalam membuat foto produk, video presentasi, dan bahkan caption dengan copywriting yang mumpuni. Untuk itu, tidak ada salahnya jika kamu menggunakan jasa mereka sehingga kamu akan mendapatkan materi promosi yang jauh lebih sempurna.

Tentukan Kemana Para Pengunjung Akan Diarahkan

Langkah ketiga yang harus kamu persiapkan adalah, ke mana para pengunjung tersebut akan diarahkan. Arahkan saja calon konsumen untuk menuju tempat di mana terdapat banyak informasi mengenai produkmu.

Setelah kamu selesai memilih konten dan menekan tombol “Promosikan”, maka akan muncul sebuah menu yang berisi pengaturan Instagram Ads. Kamu bisa memilih arah penggiringan calon pelanggan. Pilihan tersebut antara lain adalah menuju Etalase, Website, maupun profil Instagram khusus bisnismu.

Untuk pilihan etalase, nantinya kamu bisa mengarahkan pelanggan untuk menghubungi mu secara langsung maupun diarahkan untuk menu pembayaran. Tentunya menu ini sangatlah cocok untuk menyasar pelanggan sebelum mereka berubah pikiran. Meskipun begitu kamu hanya mempromosikan produk tertentu yang ada di konten tersebut saja.

Untuk menu website, tentu pelanggan akan diarahkan menuju halaman website yang kamu miliki. Tentunya kamu harus memiliki sebuah website sendiri dengan menggunakan layanan hosting maupun menggunakan blog gratisan. Jika kamu tidak memiliki sebuah website, maka kamu bisa menggunakan marketplace yang sudah ada seperti bukalapak dan tokopedia.

Tentukan Target Iklan

Langkah selanjutnya yang harus kamu persiapkan adalah siapa saja target potensial iklan tersebut. Kamu bisa memilih seperti apa orang yang cocok dengan produk yang ingin kamu tawarkan. Tentunya tahap ini bisa kamu maksimalkan agar kemungkinan terjual semakin besar.

Pilih Biaya Iklan Yang Sesuai

Salah satu keunggulan dari Instagram Ads adalah besarnya biaya yang bisa kamu tentukan sendiri. Semakin besar biaya iklan yang kamu keluarkan, maka semakin luas dan semakin lama juga iklan tersebut bisa ditayangkan.

Cek Kembali Iklanmu Sebelum Membayar

Langkah terakhir yang harus kamu lakukan adalah mengecek kembali apakah iklan tersebut sudah sesuai dengan permintaanmu. Selain itu, kamu juga harus menyiapkan bagaimana metode pembayaran yang bisa kamu lakukan.

Demikianlah artikel singkat, padat, dan jelas mengenai cara beriklan di Instagram. Semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu kamu dalam beriklan dengan mudah menggunakan fitur Instagram Ads. Pastikan kamu memahami setiap langkah-langkah yang tersedia agar tidak terjadi kesalahan maupun kekeliruan. Pahami juga kebijakan iklan dari Instagram agar iklan yang ingin kamu tayangkan sudah sesuai dengan standar dan tidak melanggar norma.