6 Amalan yang Perlu Dilakukan saat Bulan Dzulhijja

0 Comments

 

Selain, Dzulqa’dah, Muharram, dan Rajab, salah satu bulan yang termasuk bulan agung yang dimulikan oleh Allah dalam kalender Hijriyah adalah Dzulhijjah. Ada banyak keutamaan dan peristiwa yang terjadi dalam bulan ini yang membuatnya begitu istimewa. Salah satunya adalah bulan ini adalah bulan muktamar umat Islam sedunia, yaitu pada Hari Arafah. Apa keutamaan lainnya? Mari kita bahaskan.

Dalam QS. At-Taubah, Allah berfirman, “Sesungguhnya bilangan bulan di sisi Allah ada 12 bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya 4 bulan haram. Itulah agama yang lurus, maka janganlah kamu menzhalimi dirimu dalam bulan yang empat itu, dan perangilah kaum musyrikin iu semua sebagaimana mereka memerangi kalian semua. Allah bersama orang yang bertaqwa.”

Ayat tersebut disabdakan lagi oleh Rasulullah dalam HR. Al Bukhari, “Sesungguhnya waktu itu berputar sebagaimana keadaannya ketika Allah menciptakan langit dan bumi. Setahun ada 12 bulan. Di antara bulan tersebut ada 4 bulan haram, yaitu Dzulqa’dah, Dzulhijjah, Muharram, dan Rajab.” Ada yang istimewa pada bulan-bulan tersebut, bulan Dzulhijjah adalah bulan haji dan qurban.

Pada hari-hari pertama Dzulhijjah, Allah juga menjadikannya sebagai musim kebaikan, baik bagi para jamaah haji maupun bagi mereka yang tidak sedang melaksanakannya. Hari-hari pertama tersebut adalah 10 hari pertama pada Dzulhijjah. Bagi para jamaah haji, momentum 10 hari awal Dzulhijjah ini perlu dimanfaatkan untuk meningkatkan fokus saat ibadah haji dan berbagai macam syiar Islam lainnya.

Sedangkan, bagi mereka yang tidak sedang melaksanakan haji, diharapkan untuk selalu bersungguh dalam melaksanakan ibadah pada hari-hari awal tersebut. Dikatakan, kualitasnya hampir serupa dengan jihad fii sabilillah atau berjihad di jalan Allah. Sebab ulama mengatakan, bahwa keistimewaan 10 hari pertama Dzulhijjah karena berkumpulnya seluruh ibadah utama, seperti shalat, sedekah, puasa, dan haji.

6 Amalan yang Perlu Dilakukan saat Bulan Dzulhijjah

Bisa dikatakan, pada bulan inilah Allah menggabungkan segala keharaman dalam satu waktu. Mulai dari keharaman waktu yaitu bulan itu sendiri, keharaman tempat yaitu Makah dan Madinah sebagai tanah haram, dan keharaman momentum yaitu berhaji yang merupakan rukun Islam terakhir. Itulah mengapa bulan ini begitu istimewa. Maka, pada bulan ini sangat dianjurkan mengerjakan amalan baik, seperti:

  1. Melaksanakan puasa sunnah Arafah

Tidak perlu diragukan lagi, berpuasa termasuk salah satu amal shaleh yang sangat disukai oleh Allah. Maka, manfaatkanlah bulan ini untuk melaksanakan ibadah puasa Arafah pada tanggal 9 Dzulhijjah, berikut juga hari-hari sebelumnya dari tanggal 1 hingga 8 Dzulhijjah. Barangsiapa yang melaksanakannya dengan ikhlas, maka Allah akan memberikan keutamaan dan pahala baik padanya.

  1. Tilawah Qur’an

Salah satu amal shaleh yang juga sangat disenangi Allah adalah membaca Al-Qur’an, khususnya pada 10 hari pertama tersebut. Apalagi, jika Anda berhasil khatam pada hari-hari awal tersebut. Tekniknya adalah dengan membacaanya setiap hari sebanyak 3 juz. Bisa dilakukan sesaat sebelum masuk waktu shalat fardhu dan setelah shalat fardhu sebanyak 3 lembar masing-masing waktu.

  1. Perbanyak berdzikir (tahlil), tahmid, dan takbir.

Semua bulan sebetulnya baik untuk melakukan amalan yang satu ini, bahkan kita senantiasa dianjurkan untuk selalu melakukannya setiap saat. Namun demikain, pada 10 hari-hari awal di bulan ini, Allah lebih memberikan keutamaan bagi yang melakukannya dengan ikhlas di mana saja dan kapan saja.

  1. Bersedekah

Sebetulnya hari apapun mulia dan dianjurkan untuk bersedekah asal melakukannya dengan ikhlas. Namun, di antara bulan-bulan baik lainnya, pada bulan ini sangat diutamakan untuk melakukan sedekah kepada yang membutuhkan. Asalkan, melakukannya dengan ikhlas dan tidak dilakukan untuk ajang pamer atau riya. Perintah bersedekah difirmankan Allah dalam QS Al Munaafiquun ayat 10.

  1. Berqurban

Allah berfirman dalam QS Al Kautsar ayat 2, “Fashli lirabbika wanhar” yang artinya, “Maka, shalatlah kamu untuk Tuhanmu dan berkurbanlah!”. Maka, qurban menjadi perintah Allah yang harus dikerjakan jika memiliki kemampuan secara finansial. Istimewanya, qurban terjadi hanya pada bulan Dzulhijjah atau bisa dikatakan hanya disyari’atkan sekali saja dalam setahun.

  1. Melaksanakan ibadah haji

Dalam QS Al Baqarah ayat 197, disebutkan bahwa, “Haji itu dilaksanakan pada bulan-bulan tertentu”. Nah, salah satu bulan tersebut adalah Dzulhijjah, setelah Syawwal dan Dzulqa’dah. Selain bulan-bulan tersebut, maka haji yang dilakukan tidak sah. Tentu saja haji bisa dilaksanakan oleh mereka yang memiliki kekuatan dalam menjalankannya, baik secara fisik, mental, maupun finansial.

Itulah beberapa penjelasan tentang keutamaan mengerjakan amalan-amalan pada bulan Dzulhijjah. Amalan-amalan ini jika dikerjakan dengan keikhlasan dan hanya mengharap ridha Allah, maka akan mendapatkan pahala yang Allah janjikan. Oleh karenanya, tetapkanlah hati sebelum memasuki bulan ini untuk senantiasa berdoa dan berniat mengerjakan apa yang dianjurkan untuk dikerjakan.