Bolehkah Ibu Hamil Makan Lalapan Mentah

0 Comments

Anda sedang mengandung dan ingin makan lalapan, kira-kira bolehkah ibu hamil makan lalapan mentah? Sebagian besar ibu hamil takut makan lalapan, konon katanya lalapan yang mentah bisa membawa dampak buruk terhadap tumbuh kembang janin apabila dikonsumsi dalam keadaan belum dimasak. Lalu,apakah benar begitu?

Pada masa kehamilan, memang banyak terjadi perubahan dalam diri. Aktivitas yang dilakukan ibu hamil serta konsumsi makan dan minuman memang harus dipilih dengan berhati-hati. Sebab hal tersebut bisa berdampak terhadap kondisi janin yang ada di dalam kandungan.

Salah satu hal yang menjadi larangan pada ibu hamil ialah mengonsumsi lalapan, lalu bolehkah ibu hamil makan lalapan mentah? Pasti jika ibu hamil suka makan lalapan dan bahkan menjadi makanan favorit, hal ini akan sedikit mengesalkan bukan? Akan tetapi benarkah makan lalapan mentah saat kondisi hamil itu memang dilarang? Mau tau lebih lanjut untuk menjawab keraguan pada diri Anda, simak penjelasannya dibawah ini.

Lalapan atau sayuran mentah memang lezat jika disajikan sebagai menu pendamping apalagi ditambah dengan sambal.. Untuk  Anda yang sedang mengandung, tidak ada salahnya apabila membaca anjuran mengonsumsi lalapan mentah, dan pastikan lalapan mentah dalam keadaan higenis.

Adapun manfaat sayuran mentah terhadap ibu hamil sebagai berikut.

  1. Terdapat serat.

Serat yang terkandung dalam sayuran mentah membantu melancarkan pencernaan serta membantu mengatas sembelit pada ibu hamil. Daun kemangi adalah salah satu lalapan yang kaya akan serat.

  1. Sebagai penyedia sumber kalsium.

Nutrisi yang terkandung pada sayuran mentah salah satunya adalah kalsium,

  1. Membantu mengendalikan berat badan.

Selama masa kehamilan, berat badan mengalami kenaikan yang signifikan. Kenaikan berat badan bisa dikontrol dengan mengonsumsi sayuran mentah.

  1. Mengandung kalium.

Kalium berperan penting dalam mengatur tekanan darah bagi ibu hamil dimana pada trimester tiga sering mengalami masa tegang pra melahirkan.

  1. Kandungan beta karoten.

Beta karoten membantu membentuk sistem imun yang optimal pada tumbuh kembang sang janin.

Demikianlah ulasan tentang bolehkah ibu hamil makan lalapan?