Beda Haji Furoda dan Haji Plus Lengkap

0 Comments

Ibadah haji memang ibadah yang hanya bisa dilaksanakan di Mekkah dan Madinah. Oleh karenanya, sesorang yang hendak melaksanakannya perlu biaya untuk bisa ke sana. Di Indonesia sendiri, setiap tahunnya jumlah jamaah haji selalu meningkat maka dari itu perlu dibuat sistem khusus. Oleh karenanya pemerintah membuat sistem Haji Furoda dan Plus. Sebenarnya apa itu haji Furoda dan Plus, beda dan biayanya?

Sebelumnya, perlu diketahui bahwa negara Indonesia adalah salah satu negara dengan jumlah penduduk muslim terbesar di dunia. Oleh karenanya, banyak jumlah calon ibadah haji yang harus menunggu antrian hingga beberapa tahun dari awal pendaftaran. 

Sebagai ibadah yang wajib karena termasuk salah satu rukun Islam, membuat ibadah haji adalah sesuatu penantian yang sangat diimpi-impikan. Mengingat hal tersebut, maka pemerintah Indonesia harus membuat sistem pemberangkatan yang efektif dan efisien. Oleh karenanya, munculah dua istiah yaitu haji Furoda dan Haji Plus beserta perbedaan dan biayannya. Berikut penjelasannya.

Mengenai Haji Furoda

Haji Furoda atau Haji Plus Non Kuota adalah para jamaah haji yang diberangkatkan bisa langsung berangkat tanpa harus menunggu beberapa tahun lamanya. Untuk mendapat visa Furoda bukan hal yang mudah dan kadang kali jika tidak berhati-hati maka akan terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, seperti ditipu.

Namun tidak semuanya bernilai negatif, Haji Furoda ini merupakan program resmi yang diselenggarakan atas izin pemerintahan Arab Saudi. Oleh karenanya, para jamaah yang ingin berangkat haji tanpa jalur reguler atau haji plus yang terbatas akan kuota, program ini cukup membantu. Caranya hanya dengan menunjukan visa Furoda yang dibuat khusus oleh pemerintah Arab Saudi.

Walaupun bukan program resmi dari pemerintah, untuk perizinan dan proses harus sesuai dengan persetujuan pemerintah. Adanya haji ini sama sekali tidak mengurangi atau tidak diistimewakan dengan jalan mengambil kuota dari haji plus. Namun sayangnya, tidak ada tanggungjawab dari pemerintah Indonesia atas terlaksanannya haji Furoda.

Sebab, semua itu tergantung pada panitia haji dari Arab Saudi secara langsung. Program haji ini pada dasarnya ada 2 macam yaitu visa Furoda khusus untuk jamaah haji biasa di setiap negaranya, serta visa Furoda yang secara khusus diperuntukan tamu yang dianggap Istimewa oleh kerajaan Arab Saudi.

Mengenai Haji Plus

Haji Plus adalah program haji yang secara resmi diselenggarakan oleh pemerintah, akan tetapi tidak dikelola oleh pihak pemerintah. Program haji ini dikelola oleh pihak swasta atau biro haji plus yang sudah bekerjasama dengan pemerintah sehingga masih ada tanggung jawab dari pemerintah. 

Paket Haji Plus yang bisa dipilih oleh para jamaah haji yaitu Haji Plus Biasa. Haji Plus Biasa merupakan program ibadah haji yang diselenggarakan oleh pihak swasta akan tetapi tetap diberi jatah kuota oleh pihak pemerintah. Itu artinya, paket haji ini mengambil kuota dari Haji Reguler yang dikelola oleh pihak Kementrian Agama. 

Biaya yang ditawarkan kepada calon jamaah haji juga berbeda dengan haji reguler. Hal tersebut dikarenakan ada beberapa kelebihan yang dapat dinikmati oleh para calon jamaah haji dengan paket ini. 

Berikut beberapa kelebihan Haji Plus:

  • Waktu tunggu yang lebih singkat

Dengan menggunakan kuota dari pemerintah yang terbatas dan jumlahnya lebih sedikit membuat waktu antri lebih singkat daripada haji reguler. 

  • Fasilitas yang didapatkan lebih lengkap dan mewah

Fasilitas tersebut didapat sebelum dan setelah pemberangkatan. Fasilitas yang didapat sebelum pemberangkatan yaitu, jamaah akan mendapatkan bimbingan haji secara eksklusif. Setelah sampai di Arab Saudi sana, jamaah akan mendapatkan penginapan yang layak, lengkap dan dekat dengan Masjidil Haram.

  • Waktu haji yang lebih singkat

Jika pada umumnya, jamaah akan tinggal dan melaksanakan ibadah haji selama 40 hari lamanya. Dengan haji plus maka waktu yang diperlukan akan semakin singkat. Pasalnya, akan dibagi menjadi 2 kelompok besar yaitu kelompok Arabian dan Non Arabian. Waktu pelaksanannya hanya 26 hari untuk Arabian dan 15 sampai dengan 19 hari untuk Non Arabian yang dihitung sejak pertama masuk kota Mekkah.

Walaupun dengan biaya yang lebih mahal jika dibandingkan dengan haji reguler, fasilitas yang diberikan juga sepadan sehingga tidak akan mengecewakan. Karena ini dikelola oleh pihak swasta yang telah mendapatkan izin dari pemerintah baik dari sisi pelayanan khusus, pembiayaan serta pengelolaan, maka akan lebih aman.

Dengan begitu, para calon jamaah tidak khawatir terjadi sesuatu yang merugikan seperti ditipu. Hal tersebut berbada dengan haji furoda. Walaupun begitu, haji furoda juga termasuk salah satu bagian dari haji plus, walaupun terkadang beda lembaga artinya haji plus dikelola pihak swasta sendiri dan haji furoda dikelola oleh pihak lainnya.

Perbedaan Haji Furoda dan Plus beserta Biayanya 

  • Pada haji furoda tidak mendapatkan kuota dengan begitu harus diperhatikan baik-baik agar tidak terlantar, sedangkan pada haji plus mendapatkan kuota dari pemerintah, jadi tidak khawatir diterlantarkan.
  • Selain itu, haji furoda tidak mendapatkan Dokumen Administrasi Perjalanan Ibadah Haji atau DAPIH sehingga akan sangat disayangkan.
  • Haji Plus akan mendapatkan souvenir haji yang sama dengan haji reguler yakni berupa gelang perak yang berisikan nomor paspor, identitas nama pribadi dan nomor kloter. Sedangkan pada haji furoda tidak mendapatkannya, hanya mendapat visa Furoda dari panitia penyelenggara haji di Arab Saudi.
  • Haji Plus mendapatkan perhatian khusus dari pemerintah Indonesia, walaupun di kelola oleh pihak swasta. Untuk haji furoda tidak dikelola oleh lembaga walaupun ada juga pihak swasta yang mengelolanya.

Walaupun demikian bagi jamaah haji yang benar-benar mendapatkan visa Furoda yang secara legal akan mendapatkan fasilitas yang seimbang. Karenanya akan dipandu oleh sesorang yang berpengalaman dan berasal dari Indonesia namun sudah lama tinggal dan menjadi pemandu haji. Bahkan mereka dapat memiliki kolega yang dipergunakan untuk memperoleh haji di Kedubes Arab Saudi.

Untuk persoalan biaya antara haji plus dan haji Furoda tidak jauh berbeda. Bahkan pada tahun 2020 mendatang biaya haji plus dengan paket ini bisa mencapai 8 sampai dengan 12 ribu dolar Amerika Serikat. Untuk haji Furoda biaya yang dikeluarkan mencapai 15 ribu dolar Amerika dan akan disesuaikan dengan nilai kurs pada tahun yang berlaku.

Hal itu erat hubungannya dengan resiko yang mungkin saja terjadi seperti penipuan misalnya. Oleh karena itu, untuk para calon jamaah haji hendaknya berhati-hati dan serahkan pada pihak yang mengelola dan melayani secara khusus serta terpercaya. Untuk persoalan biaya, walaupun sedikit lebih mahal akan tetapi waktu pemberangkatan lebih cepat dan singkat.

Itulah beberapa penjelasan tentang Haji Furoda dan Plus, beda dan biayanya yang dapat dijadikan gambaran untuk para calon haji memilih paket yang lebih aman dan amanah. Karena fasilitas dan kesesuaian prosedur lebih diutamakan. Maka oleh karena itu, lebih baik memilih jalur yang sudah ditentukan.