Bagus untuk Lindungi Kulit, Yuk Intip 6 Khasiat Biji Nangka Rebus

0 Comments

Buah nangka memiliki segudang vitamin, mineral, dan serat yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Dalam satu buah nangka mengandung nutrisi yang bervariasi, serta bagus untuk membangun imun tubuh. Pada bagian biji nangka sering dimanfaatkan untuk campuran berbagai menu makanan. Namun seiring berjalannya waktu bagian ini memberikan efek yang baik untuk kesehatan tubun. Ingin tahu apa saja? Simak ulasannya.

Biji yang Menjadi Obat Berbagai Penyakit

  1. Mengontrol Diabetes

Jenis biji ini memiliki senyawa anti-diabetik yang bekerja aktif untuk mengatasi diabetes. Ia akan berperan untuk mengurangi kadar gula darah. Jika anda mengonsumsinya secara rutin maka akan meminimal perkembangan insulin dalam darah. Bagi anda yang beresiko terkena diabetes atau memiliki keturunan yang serupa, sangat disarankan mengonsumsinya secara rutin. Ekstrak biji akan bermanfaat untuk memperlancar peredaran darah dalam tubuh.

  1. Mengatasi Anemia

Jika mengonsumi biji ini maka dapat meningkatkan asupan zat besi di dalam tubuh. Biji nangka baik dikonsumsi untuk anda, yang memiliki kadar hemoglobin yang rendah. Kadar zat besi mampu mencegah anemia, dan segala penyakit yang berhubungan dengan darah. Ia akan meningkatkan zat besi dalam darah, kemudian turut melawan tubuh yang mudah lemah.

  1. Mencegah Diare

Orang zaman dahulu sering menggunakan bagian dari nangka ini, untuk menjadi penangkal diare. Ekstrak bijinya memiliki sifat anti-mikroba yang mampu menghambat pertumbuhan bakteri, yang bernama Streptococcus Aereus. Kandungan seratnya bisa memunculkan rasa kenyang lebih lama, serta mencegah terjadinya konstipasi.

  1. Cocok untuk Program Diet

Bagi anda yang menjalankan program diet disarankan untuk mengonsumsi biji nangka, yang sudah direbus. Ia turut meningkatkan toleransi glukosa dan profil lipid, sehingga dapat mengurangi obesitas. Biji tersebut menimbulkan efek kenyang dan menunda rasa lapar, jadi cocok untuk dikonsumsi saat diet.

  1. Mencegah Kanker

Biji monotokil ini mengandung antioksidan yang berperan untuk mencegah kanker. Ia mampu memperlambat pertumbuhan tumor pada penderita kanker payudara. Anda cukup merebus bijinya kemudian memakan hasil rebusan tersebut, tanpa diberi tambahan lauk apapun. Rasa biji cukup hambar hampir sama seperti saat memakan kentang.

  1. Menjaga Kesehatan Kulit

Tingginya kandungan antioksidan pada biji ini dapat memperbaiki kesehatan kulit. Ia dapat menunda penuaan dini sehingga kulit terlihat awet muda. Tanda-tanda kerutan pada wajah dan sekitar mata akan cepat tersamarkan. Anda bisa memanfaatkannya untuk masker wajah yang dipakai secara teratur.

Nangka ternyata tidak hanya bermanfaat bagian buahnya saja, namun bijinya pun ikut memiliki manfaat. Ia memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, sehingga mampu menjaga kesehatan tubuh. Zat tersebut akan menangkal radikal bebas, yang berdampak negatif untuk imunitas tubuh. Anda bisa merebus biji tersebut dan mengonsumsi ekstraknya, atau cukup konsumsi biji hasil rebusannya saja.