Bagaimana Cara Membuat Sukun Goreng Yang Enak?

0 Comments

Sukun, buah yang hanya ada di negara tropis ini ternyata dapat diolah menjadi berbagai macam olahan loh! Umumnya di negara kita, yang namanya sukun jika tidak diolah dengan cara dikukus, pastilah digoreng. Entah dikukus atau digoreng, pada dasarnya tidak menghilangkan cita rasa utama dari sukun ini. Nah! Artikel kali ini akan membahas mengenai sukun goreng.

1) Sukun Goreng

Seperti pada nama judulnya yang mengangkat kata sukun goreng, tentu anda sudah mendapatkan gambaran mengenai seperti apa olahan buah ini, bukan? Tentu saja digoreng. Buah sukun digoreng dalam minyak panas untuk beberapa lama. Hasil yang akan diperoleh untuk buah sukun goreng ini adalah renyah di luar namun empuk di dalam.

Lalu, apa saja bahan yang dibutuhkan untuk membuat sukun goreng? Silakan anda siapkan bahan utamanya yang berupa buah sukun. Jangan lupa siapkan minyak juga. Gunakan agak banyak minyak supaya saat digoreng sukunnya bisa tenggelam di dalam minyak. Tambahkan bumbu dapur seperti bawang putih, ketumbar serta gunakanlah garam.

2) Bagaimana Cara Membuatnya?

Cara membuat sukun goreng sebenarnya tidak susah, kok. Anda cukup mengupas buah sukun agar terpisah dari kulitnya sampai bersih. Setelah itu, belah buah sukun menjadi empat bagian. Pisahkan pula buah sukun dari bijinya. Hati-hati, terkadang biji buah sukun inilah yang menimbulkan rasa pahit.

Selanjutnya, anda perlu menghaluskan beberapa bumbu yang sudah disiapkan. Haluskan bawang putih secukupnya, ketumbar secukupnya, kemudian tambahkan pula garamnya. Setelah semua bumbu halus menjadi satu, silakan masukan bumbu ke dalam potongan-potongan buah sukun dalam wadah. Tambahkan sedikit air agar bumbu sukunnya bercampur menjadi satu dengan buahnya dan meresap

Setelah itu adalah proses penggorengan. Dalam proses penggorengan buah sukun, pastikan anda menggunakan jumlah minyak yang agak banyak agar buah tenggelam dan matang secara menyeluruh. Gunakan api kecil, kemudian sesekali bolak-bakikan buah sukunnya agar tidak gosong. Goreng sukun sampai matang. Jika sudah empuk, itu pertanda bahwa sukun goreng anda siap dinikmati.