Cara Memilih Apartemen yang Baik dan Layak Huni

0 Comments

Sebagai calon penghuni apartemen, Anda harus tahu bagaimana cara memilih apartemen yang baik dan layak huni. Dengan begitu, Anda bisa hidup dengan nyaman dan tenang saat menempati apartemen tersebut. Mengingat harga apartemen juga cukup mahal, Anda tentu tidak ingin salah pilih dan kecewa di kemudian hari. Oleh sebab itu, pastikan Anda memilih apartemen yang tepat.

Setiap apartemen memiliki keunikan tersendiri serta kelebihan dan kekurangan masing-masing. Bukan tidak mungkin juga Anda akan mendapatkan apartemen yang cukup murah dengan fasilitas yang lengkap dan sesuai dengan kebutuhan Anda. Sebelum harga beli/sewa apartemen semakin naik, Anda bisa segera memilih apartemen yang cocok untuk ditempati atau sebagai investasi.

5 Cara Memilih Apartemen yang Baik

Pixabay.com

Tinggal di apartemen memang sedang tren belakangan ini, terutama di kalangan oleh kaum urban. Kalangan pekerja atau karyawan perusahaan juga banyak yang memilih tinggal di apartemen karena dirasa lebih praktis dan efisien. Seperti diketahui, apartemen sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas baik di dalam apartemen maupun fasilitas pendukung lainnya.

Keunggulan inilah yang menjadi daya tarik bagi kaum urban untuk tinggal di apartemen dan menerapkan gaya hidup one stop living. Anda akan menemukan pusat olahraga, kolam renang, minimarket dan fasilitas lainnya dalam satu kawasan gedung apartemen. Dengan begitu, tidak perlu jauh-jauh lagi untuk bisa melakukan berbagai macam aktivitas.

Apartemen juga banyak dibangun dekat dengan area perkantoran dan kampus, sehingga banyak dihuni oleh karyawan atau mahasiswa. Nah, untuk mendapatkan apartemen yang nyaman, berikut ini beberapa cara memilih apartemen yang baik dan layak huni.

Pilih Lokasi yang Strategis

Pixabay.com

Lokasi apartemen akan sangat berpengaruh pada kenyamanan Anda, jadi pastikan lokasinya cukup dekat dengan berbagai fasilitas umum. Jika Anda mahasiswa, lebih baik pilih apartemen yang dekat dengan kampus. Sementara itu, pekerja atau karyawan sebaiknya mencari apartemen di sekitar kantor. Lokasi yang strategis bisa menghemat waktu dan sekaligus menghemat biaya juga, tentunya.

Tanyakan Fasilitas Apartemen

Sebagian pemilik apartemen sudah memberikan fasilitas dan furnitur lengkap sehingga Anda bisa langsung menempati apartemen tersebut. Namun, ada juga apartemen yang disewakan atau dijual dalam kondisi kosong sehingga Anda perlu mengisi barang sendiri. Selain itu, Anda juga bisa menanyakan fasilitas bersama yang disediakan oleh pengelola apartemen seperti kolam renang, gym, dan lain-lain.

Tanyakan Luas dan Biaya Parkir

Cara memilih apartemen yang baik juga perlu mempertimbangkan ketersediaan lahan parkir dan biaya yang perlu dibayarkan. Sebagian apartemen memberikan akses gratis bagi pemilik apartemen untuk menggunakan lahan parkir yang tersedia. Namun, sebagian lainnya ada yang membebankan biaya parkir kepada penghuni dan dibayarkan setiap bualan atau beberapa bulan sekali.

Sesuaikan dengan Kebutuhan dan Anggaran

Memilih apartemen tentu harus disesuaikan dengan kebutuhan dan bujet yang Anda miliki. Perhatikan baik-baik aktivitas apa saja yang akan lakukan sehari-hari dan kebutuhan apa yang diperlukan. Seorang mahasiswa, keluarga, dan karyawan/pekerja tentu memiliki kebutuhan yang berbeda.

Pertimbangkan Posisi Lantai

Selanjutnya, cara memilih apartemen yang baik juga bisa dilihat dari posisi lantai apartemen. Posisi lantai sangat berpengaruh pada tingkat keamanan, privasi, dan efisiensi mobilitas penghuni apartemen tersebut. Seseorang yang membutuhkan privasi lebih tentu tidak nyaman tinggal di lantai bawah karena dekat dengan jalan sehingga akan banyak orang yang berlalu lalang.

Tips Mencari Apartemen Murah dan Bagus

Pixabay.com

Harga sewa apartemen memang cenderung lebih mahal daripada kontrakan atau rumah kos. Namun, fasilitas yang bisa Anda dapatkan juga lebih banyak dan lengkap. Harga apartemen juga sangat beragam tergantung lokasi, fasilitas, dan lain sebagainya. Nah, berikut ini beberapa tips untuk Anda yang ingin mencari apartemen dengan harga murah dan bagus.

  • Pesan apartemen sat pre-launch atau sebelum launching untuk mendapatkan diskon/potongan harga.
  • Beli secara kolektif atau beramai-ramai atas nama satu kelompok besar untuk bisa menawar harga lebih rendah.
  • Bandingkan harga apartemen yang satu dan yang lainnya dengan mempertimbangkan lokasi dan fasilitas.
  • Manfaatkan jaringan dan informasi untuk mendapatkan penawaran dari kalangan tertentu yang bersifat terbatas.
  • Cari tahu reputasi pengembang atau developer apartemen dan pilih yang bisa dipercaya untuk mendapatkan unit apartemen berkualitas.

Itulah berbagai cara memilih apartemen yang baik dan layak huni serta menguntungkan. Selain dihuni untuk diri sendiri, Anda juga bisa memiliki unit untuk bisnis investasi apartemen karena bisnis di bidang apartemen bisa sangat menguntungkan dan menjanjikan.