Apa Menariknya Danau Kelimutu?

0 Comments

Danau Kelimutu adalah sebuah danau yang berada di Flores NTT Indonesia. Danau ini termasuk danau yang sangat menarik untuk dikunjungi para wisatawan. Tidak hanya sebagai tempat wisata saja melainkan danau ini juga mempunyai makna. Danau Kelimutu mempunyai makna tersendiri dikalangan masyarakat sekitar. Danau Kelimutu juga sering dikenal dengan sebutan danau tiga warna. Mempunyai warna tiga yang sering berubah – ubah membuat danau ini terkenal. Warna pada danau ini berubah seiring berjalannya waktu. Lalu kenapa danau ini diberi nama Kelimutu? Tentu ada maknanya tersendiri.

Kelimutu sendiri merupakan nama dari gabungan dua kata yakni keli dan mutu. Kelin mempunyai arti sebagai gumung sedangkan mutu mempunyai arti mendidih. Para penduduk sekitar menyakini bahwa setiap warna yang muncul pada danau mempunyai arti tersendiri. Bahkan arti dari warna danau tersebut sangat berpengaruh dahsyat.

Apa yang menarik? Tentu saja yang menarik dari danau ini adalah tiga warna yang berubah – ubah. Setiap warna mempunyai artinya masing – masing. Tiga warna tersebut dibagi menjadi warna biru, merah, dan putih. Air danau berwarna biru mempunyai arti sebagai tempat berkumpulnya jiwa – jiwa muda yang sudah meninggal dunia. Sedangkan warna air merah mempunyai arti sebagai kumpulnya jiwa – jiwa orang yang sudah meninggal namun semasa hidupnya melakukan banyak kejahatan. Sedangkan untuk warna putih merupakan arti berkumpulnya jiwa – jiwa orang yang sudah tua meninggal.

Setiap warna yang muncul dari Danau Kelimutu ini sangat bermakna. Masyarakat sekitar sangat menghargai makna dari warna yang muncul dari danau tersebut. Ketika danau berubah warna maka masyarakat sekitar harus memberikan seperti sesajen. Sesajen tersebut ditunjukan kepada arwah – arwah yang sudah meninggal dunia. Tradisi ini masih terus dilakukan hingga saat ini. Kemunculan tiga warna itulah yang membuat Danau Kelimutu tidak pernah sepi dari pengunjung. Selalu banyak pengunjung dari berbagai wilayah yang datang untuk menikmati indahnya warna danau dan pemandangan disekitarnya. Sempatkanlah untuk mampir di Danau Kelimutu ketika berada di NTT.