[Alami dan Efektif] Cara Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi 1 Tahun

0 Comments

 

Deskripsi

Banyak bayi yang tidak terganggu oleh perut kembung, tetapi beberapa menjadi gelisah dan menangis berjam-jam hingga tidak bisa tidur sampai mereka buang angin. Perasaan tak tega saat bayi menagis kesakitan bisa membuat kita khawatir berlebihan, di bawah ini ada solusi agar Anda tetap tenang.

Artikel

Mengatasi Perut Kembung Secara Alami

Wajar jika jenis makanan yang baru dikenal oleh perut balita biasanya menyebabkan perut kembung. Untuk beberapa bayi, sering buang gas mungkin merupakan salah satu tanda kepekaan terhadap efek makanan.

Pengobatan rumahan yang sederhana dapat membantu menenangkan bayi dan mungkin membantu gelembung gas keluar lebih cepat dari tubuhnya. Cobalah metode berikut untuk meredakan gas pada bayi:

  1. Menggerakkan kaki mereka membentuk lingkaran

Baringkan bayi telentang dan angkat kaki mereka dengan lutut ditekuk. Gerakkan kaki seperti gerakan bersepeda untuk membantu bayi mengeluarkan gas yang terperangkap.

  1. Memijat perut mereka

Gosok perut bayi dengan lembut. Coba tekan dengan gerakan lembut searah jarum jam atau berlawanan arah jarum jam. Gerakan ini bisa membantu bayi kentut atau bersendawa.

  1. Memberi tetes simetikon

Tetes gas simetikon membantu beberapa bayi dan aman untuk diberikan hingga 12 kali sehari, selama orang tua atau pengasuh mengikuti dosis yang tertera pada botol. Namun, sebagian besar penelitian menunjukkan bahwa tetes ini mungkin tidak lebih baik daripada plasebo dalam mengurangi tangisan atau gas.

  1. Suplemen probiotik

Sebuah penelitian pada tahun 2011 menunjukkan bahwa bayi dengan kolik parah mungkin bisa menjadi lebih baik dengan suplemen probiotik. Jika pengobatan rumahan tidak berhasil dan gas pada bayi sangat buruk, bicarakan dengan dokter anak tentang penggunaan probiotik.

Kapan Harus Menghubungi Dokter ?

Anda akan ingin mengunjungi dokter Anda tentang perut kembung bayi untuk menyingkirkan kondisi medis yang lebih serius jika:

  • Bayi Anda tidak bertambah beratnya
  • Bayi Anda sering tidak mau makan atau sulit menyusu, bisa juga merupakan tanda asam lambung pada bayi Anda atau masalah pencernaan lainnya, yang keduanya memerlukan perawatan
  • Bayi Anda tampak sembelit atau kesulitan buang air besar
  • Bayi Anda mengalami reaksi alergi seperti gatal-gatal, muntah, ruam, wajah bengkak, kesulitan bernapas setelah Anda mencoba perawatan gas atau formula baru

Perawatan secara alami dapat membantu mengatasi perut kembung pada bayi 1 tahun. Semoga cara di atas dapat menjadi referensi pilihan Anda.