Akibat bayi susah BAB

0 Comments

BAB merupakan kegiatan rutin tidak hanya pada bayi namun juga orang dewasa, BAB merupakan proses alami bagi manusia. Jika tidak pernah BAB selama berhari-hari atau susah BAB maka hal ini dapat mengindikasikan adanya ketidakberesan pada sistem pencernaan kita baik untuk orang dewasa maupun untuk bayi. Kali ini kita akan membahas beberapa akibat yang menyebabkan bayi susah BAB yang perlu anda ketahui.

Makan makanan padat

Biasanya hal ini terjadi pada masa peralihan dimana bayi mulai diberikan makanan padat, yang awalnya hanya diberi ASI dan bubur dan kemudian harus diberikan makanan pendukung ASI yang tentunya lebih padat. Hal ini menyebabkan pencernaan bayi masih kaget karena biasa menampung ASI dan makanan halus kemudian harus memproses makanan padat sehingga memerlukan waktu pencernaan yang lebih lama dan dapat menyebabkan susah BAB nantinya.

Susu formula

Bayi biasanya cocok-cocokan dengan susu formula, sehingga anda harus lebih jeli lagi dan lebih teliti dalam memilih susu formula untuk bayi anda. terkadang ada beberapa kandungan di dalam susu formula yang justru membuat pencernaan bayi menjadi bermasalah dan tak jarang membuat bayi diare atau bahkan menjadikan bayi susah BAB.

Dehidrasi

Tidak hanya pada bayi, orang dewasa pun jika mengalami dehidrasi bisa terjadi dampak buruk bagi kesehatan. pada bayi, jika terjadi dehidrasi atau kekurangan cairan maka sistem pencernaan akan bermasalah dan dapat mengakibatkan susah BAB karena kekurangan cairan pada tubuh.

Kondisi medis

Adapun susah BAB pada bayi juga dapat disebabkan oleh kondisi medis atau penyakit tertentu seperti gangguan metabolism, alergi makanan tertentu, botulisme dan lainnya. hal ini biasanya merupakan penyakit bawaan sejak lahir sehingga memerlukan penangan yang khusus dan perlu diobati dan dirawat sesuai dengan kondisi medisnya.

Demikianlah beberapa akibat yang dapat di timbulkan jika bayi susah BAB, namun jangan panic terlebih dahulu jika bayi anda susah BAB karena anda dapat mengatasinya dengan berbagai cara tentunya.