5 Penyebab Anak Cengeng yang Sering Terjadi

0 Comments

Cengeng merupakan kebiasaan yang tidak baik untuk perkembangan psikis seorang anak. Seringkali anak mengalami cengeng bila tidak mendapatkan sesuatu yang diinginkan. Semestinya, orang tua harus segera mengatasi masalah ini bila anak mereka cenderung sering bersikap cengeng.

Faktor yang menyebabkan seorang anak bersikap cengeng bermacam-macam. Namun, seringkali faktor tersebut dikarenakan kondisi lingkungan sekitarnya, mulai dari keluarga, teman, atau yang lain. Nah, berikut ini adalah penyebab anak sering bersikap cengeng yang sering terjadi pada anak-anak!

1.      Emosi Ibu Saat masih Hamil

Meski terdengar aneh, ternyata emosi dari sang ibu ketika masih hamil juga turut berperan dalam kondisi psikis anak sejak bayi. Ya. Seorang ibu yang sering menangis atau cenderung kurang ceria bia membuat anak mereka nantinya tumbuh cengeng. Kondisi ini disebabkan karena tidak stabilnya emosi ibu saat hamil.

 

2.      Orang Tua Tidak Konsisten

Orang tua terkadang juga tidak bisa konsisten ketika memberikan hukuman untuk anak. Sikap yang seperti ini menyebabkan anak mudah cengeng dan menangis ketika akan melakukan sesuatu. Mereka akan mengandalkan tangisan bila diancam dengan hukuman atau hanya sekadar ditegur saja ketika melakukan kesalahan.

3.      Pola Asuh

Pola asuh orang tua dibutuhkan sebagai pencegah anak bersikap cengeng. Anak yang selalu dilarang melakukan sesuatu justru membuat rasa penasaran mereka semakin bertambah. Pribadi yang penakut dan pencemas menjadikan mereka terkadang juga memiliki sikap cengeng untuk menghadapi suatu masalah.

4.      Sering Dimanja

Inilah yang sering menyebabkan anak bersikap cengeng. Ya, seringnya anak dimanja adalah sikap yang salah dari para orang tua. Manja terlalu sering juga membuat anak merasa gampang mendapatkan apa yang diinginkan. Inilah yang terkadang memengaruhi anak dan menyebabkan mereka tidak punya jiwa juang tinggi.

Anak yang bersikap cengeng semestinya mendapat perhatian yang lebih dari orang tua. Menanamkan sikap juang pada anak akan membuat mereka tidak mudah putus asa dan hanya memanfaatkan tangisan untuk mendapatkan sesuatu.

 

Itulah beberapa penyebab anak cengeng yang sering membuat bingung para orang tua. Solusi membatas pertemanan bukanlah tindakan yang disarankan. Si anak hanya perlu pendampingan agar mereka bisa mengurangi kebiasaan cengeng tersebut. semoga bermanfaat!