4 Kebiasaan Bayi Baru Lahir yang Wajib Bunda Ketahui!

0 Comments

Lahirnya sang buah hati di dunia menjadi momen paling membahagiakan bagi kedua orang tua. Bayi yang baru lahir ini masih membutuhkan waktu untuk bisa beradaptasi dengan berbagai hal baru yang ia rasakan. Oleh sebab itu, anda harus bisa merawat si kecil dengan baik dan memperhatikan setiap tumbuh kembangnya. Berikut ini akan diulas berbagai kebiasaan bayi baru lahir.

Kebiasaan Bayi yang Baru Lahir

  1. Tidur Lebih Lama

Rata-rata bayi yang baru lahir banyak tidur di siang dan malam hari, mereka akan terbangun tiap beberapa jam sekali hanya untuk menyusu saja. Seringkali orang tua akan kesulitan mengetahui berapa lama dan seberapa sering si kecil harus tidur. Umumnya bayi yang baru lahir ini tidur sekitar 8 hingga 9 jam di siang hari dan sekitar 8 jam di malam hari. Kebanyakan si kecil tidak tidur sepanjang malam sekitar 6 hingga 8 jam.

  1. Menyusu

Bagi bayi yang baru lahir ia akan sering menyusu ke ibunya. Hal tersebut merupakan suatu kewajiban untuk memenuhi kebutuhan makanan si kecil. Karena mereka masih belum bisa diberikan makanan seperti orang pada umumnya. Kapasitas perut si bayi yang baru lahir ini hanya mampu menampung sedikit makanan, sehingga membuat ia lebih sering menyusui dalam jumlah sedikit namun sering. Selain ASI, biasanya terdapat beberapa bayi yang lebih menyukai susu formula.

  1. Gumoh

Kebiasaan bayi baru lahir yang selanjutnya adalah gumoh. Sudah tahu apa istilah itu ? Gumoh merupakan keluarnya cairan, susu, atau makanan yang baru saja ditelan oleh si kecil. Hal ini sudah menjadi suatu yang umum terjadi pada bayi baru lahir. Apabila si buah hati mengalami gumoh, maka itu tandanya ia sudah kekenyangan. Agar hal ini tidak sering terjadi pada si kecil, maka anda jangan memberikan ASI terlalu banyak sehingga berikanlah secukupnya saja.

  1. Buang Air

Berbeda dengan orang dewasa, si kecil yang baru lahir lebih sering buang air besar (BAB) dan buang air kecil (BAK). Bagi bayi yang masih berusia 0 hingga 6 bulan, frekuensi buang air besarnya biasanya mencapai tujuh kali dalam sehari. Bahkan ada juga bayi yang hanya satu sampai dua kali buang air besar selama dua hari sekali. Jika frekuensinya lebih atau tidak buang air besar selama dua hari, mungkin terdapat kesalahan pada kebiasaan bayi baru lahir satu ini.

Berbagai kebiasaan yang dijelaskan di atas merupakan hal paling umum terjadi pada bayi yang baru lahir sehingga anda tidak perlu panik ketika menghadapinya. Anda bisa melakukan berbagai perawatan sesuai dengan yang dianjurkan oleh dokter, agar si kecil mengalami pertumbuhan dan perkembangan dengan baik dan maksimal. Karena masa masa seperti itulah yang sangat menyenangkan bagi orang tua.