4 Cara Mengobati Kista Secara Alami yang Wajib Anda Tahu!

0 Comments

Penyakit kista merupakan kondisi yang disebabkan oleh benjolan, dimana benjolan ini bisa muncul pada berbagai jaringan tubuh. Salah satu yang banyak terjadi yaitu kista ovarium dan epidermoid, yang bisa sangat mengganggu dan menjadi berbahaya bila mulai tumbuh. Agar lebih aman, untuk mengatasinya anda bisa melakukan cara mengobati kista secara alami seperti berikut.

Cara Alami Mengatasi Kista pada Jaringan Tubuh

  1. Lidah Buaya

Cara alami pertama yang bisa anda lakukan untuk mengobati kista yaitu dengan menggunakan lidah buaya. Tanaman satu ini selain bagus untuk kecantikan, ternyata bisa juga meredakan nyeri pada kista dengan sifat anti inflamasi serta anti mikroba yang dimilikinya. Menurut penelitian, lidah buaya juga bisa menghilangkan kista tertentu yang timbul akibat bakteri.

Meski di dalam penelitian, tanaman lidah buaya belum terbukti secara nyata bisa mengurangi munculnya kista. Namun berbagai kandungan yang ada pada lidah buaya, mampu membantu meredakan rasa sakit dan rasa tidak nyaman yang disebabkan oleh kista tersebut. Caranya cukup mudah, anda hanya perlu mengoleskan gel dari lidah buaya pada kista yang ada.

  1. Tea Tree Oil

Cara mengobati kista dengan bahan alami juga bisa anda lakukan dengan bahan minyak esensial dari tea tree oil. Penelitian menunjukkan bahwa tea tree oil atau melaleuca alternifolia, bisa membantu mengurangi kista meski tidak secara langsung. Sebab tea tree oil memiliki kandungan anti mikroba, yang mampu membunuh virus, jamur, bakteri, dan patogen lainnya.

Penggunaan tea tree oil ini bisa cukup efektif untuk kista yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Cara penggunaannya adalah pertama encerkan tea tree oil dalam air hangat yang bersih, dengan rasio dua hingga tiga tetes tea tree oil per satu ons air. Kemudian oleskan campuran tersebut pada kista dengan kain bersih, anda bisa melakukannya beberapa kali dalam sehari.

  1. Kunyit

Selain lidah buaya dan tea tree oil, bahan dapur seperti kunyit juga dapat anda manfaatkan untuk mengobati kista. Kunyit memiliki sifat yang kuat, dan dapat membantu melarutkan tumor serta kista tertentu. Selain itu sifat anti inflamasi yang dimiliki oleh kunyit, dapat mengurangi kemungkinan dari kista jinak yang berubah menjadi kanker.

  1. Jahe

Bahan dapur lainnya yang bisa digunakan sebagai cara mengobati kista secara alami, yaitu jahe. Jahe merupakan ramuan paling kuat, yang terkenal bisa menghambat pertumbuhan kista. Bahan satu ini bisa anda gunakan untuk mengatasi jenis kista ovarium, selain itu bisa untuk menormalkan siklus menstruasi. Caranya yaitu seduh secangkir teh jahe, dan konsumsi dua kali sehari.

Selain berbagai bahan alami yang sudah disebutkan, menerapkan pola hidup sehat dan menghindari stres yang berlebihan juga bisa menjadi salah satu cara aman untuk mengatasi penyakit kista pada tubuh. Cara tersebut juga dapat membuat anda terhindar dari berbagai risiko penyakit lainnya, yang dapat dengan mudah menjangkit tubuh dan mengancam nyawa.