3 Fakta Tetang Bahaya Buah Delima Untuk Ibu Hamil

0 Comments

Buah-buahan biasanya adalah makanan yang mengandung gizi. Namun kandungan buah-buahan tidak semua selalu baik bagi kesehatan. Terutama bagi ibu hamil yang sangat pemilih teradap makanan. Jadi kandungan pada buah-buahan perlu diperhatikan bagi ibu hamil. Salah satu buah yang tidak cocok bagi ibu hamil adalah buah delima. Buah delima apabila dikonsumsi untuk orang biasa tidaklah berbahaya. Namun akan berbeda cerita apabila dikonsumsi oleh ibu hamil yang nyatanya sangat berpengaruh akan janin yang dikandung. Berikut bahaya buah delima apabila dikonsumsi ibu hamil :

  1. Resiko kelahiran prematur.

Buah delima sangat banyak mengandung manfaat atau senyawa yang baik bagi tubuh. Seperti mengandung Vitamin C, Antiosidan dan menangkal radikal bebas. Hal tersebut tentunya baik untuk tubuh dan pastinya menyehatkan. Dan buah ini sebenarnya salah satu buah yang dianggap menyuburkan bagi wanita. Namun buah delima memiliki resiko tersendiri apabila di konsumsi berlebihan. Dalam kasus ibu hamil apabila mengkonsumsi buah ini secara berlebihan dapat menyebabkan kontraksi dini. Dengan adanya kontraksi dini maka dapat menimbulkan bayi lahir prematur.

  1. Menyebabkan berat badan berlebih.

Bahaya lain yang disebabkan oleh buah delima bagi ibu hamil dapat menyebabkan berat badan berlebih. Buah delima memang menyehatkan namun beda cerita apabila dikonsumsi berlebihan. Kandungan buah delima selain mengandung senyawa baik juga mengandung kalori. Sedangkan kalori yang berlebih tentunya tidak baik, karena dapat menimbulkan berat badan berlebih. Apabila seorang ibu hamil memiliki berat badan berlebih akan beresiko ketika melahirkan. Jadi bagi ibu hamil tidak disarankan mengkonsumsi berlebihan buah delima.

  1. Efek samping jika mengkonsumsi obat

Biasanya ibu hamil dilarang mengkonsumsi obat-obatan sembarangan. Namun pada kondisi tertentu ibu hamil dapat mengkonsumsi obat dengan saran dari dokter. Tentunya pengkonsumsian obat ini harus dengan pengawasan ketat dan dosis tertentu dari dokter. Dan buah delima disini apabila dikonsumsi dengan obat dapat menimbulkan efek samping. Contohnya : obat pengencer darah dan obat untuk menaikan atau menurunkan tekanan darah. Jadi sangat tidak disarankan mengkonsumsi buah delima bersamaan dengan obat.