3 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat pada Bayi Supaya Bisa Tidur

0 Comments

Hidung tersumbat yang dialami oleh bayi biasanya membuatnya rewel dan sulit tidur. Pada kondisi seperti ini orang tua pasti akan panik dan khawatir. Namun, alangkah lebih baik jika tetap tenang dan melakukan beberapa cara untuk mengatasinya. Lalu apa saja cara yang bisa dilakukan? Sebelum membahasnya terlebih dahulu akan diuraikan mengenai penyebab hidung tersumbat pada bayi.

Penyebab Hidung Tersumbat pada Bayi

Hidung tersumbat yang dialami oleh bayi disebabkan oleh adanya penumpukan cairan atau ingus di dalam salah satu panca indera. Selain itu, juga terjadi karena saat pilek bagian serta jaringan hidung dan pembuluh darah mengalami pembengkakan. Akibatnya bayi sulit bernapas dan rewel sehingga sulit untuk tidur.

3 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat pada Bayi

  1. Menghilangkan Kerak Lendir

Pada saat hidung bayi tersumbat biasanya akan melihat lendir yang kering dan berkerak di dalamnya. Setelah melihatnya, bersihkan lendir tersebut menggunakan kasa steril dan air hangat. Tujuannya untuk mengatasi hidung mampet pada bayi. Lakukan cara ini secara perlahan untuk mencegah terjadinya iritasi pada kulit si kecil.

  1. Membuang Lendir dari Hidung

Apabila bayi masih berusia di bawah 6 bulan, ibu bisa menggunakan alat seperti penyedot ingus. Penyedot ingus ini berguna untuk membuang lendir dari hidung bayi secara perlahan. Bisa dibilang cara ini relatif mudah untuk digunakan.

  1. Menghirup Uap Hangat

Ibu bisa menggunakan air mendidih yang ditaruh di dalam baskom atau wadah lainnya supaya bayi dapat menghirup uapnya. Biarkan si kecil menghirup uap tersebut selama beberapa menit supaya hidung tersumbatnya bisa hilang. Berhati-hatilah saat menggunakan cara ini, pastikan si kecil tidak terkena air panas yang digunakan.